Inilah, Ragam Upaya Mengurangi Jumlah Pengangguran Garut

0
22 views
Arief Rachman, S.Sos

Garut News ( Senin, 22/07 – 2019 ).

Ilustrasi. Pekerja Bangunan.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja pada “Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi” (Disnakertrans) Kabupaten Garut, Arief Rachman, S.Sos mengemukakan ragam upaya dilakukan guna mengurangi jumlah pengangguran di kabupatennya selama ini.

Diawali dengan mengedukasi maupun menyosialisasikan mengenai ketenagakerjaan, atau pun info pasar kerja.

Lantaran banyak masyarakat pencari kerja usia produktif, yang belum memahami “dunia usaha, dunia industri” (dudi), ungkapnya kepada Garut News di ruang kerjanya, Senin (22/07-2019).

Dia juga mengingatkan, selain aspek akademik juga di antaranya yang terpenting adalah soft skill. Sebab nilai yang tinggi tidak akan teralu berguna ketika memasuki dunia kerja tanpa memiliki soft skill.

Kemudian upaya penyelenggaraan pelatihan di BLK kejuruan yang menjalin kerjasama dengan perusahaan, sehingga setelah tuntas mengikuti pelatihan bisa langsung memasuki dunia kerja.

Disediakan pula informasi pasar kerja melalui situs atau secara online di www.disnakertrans.garutkab.go.id, serta www.ayokitakerjakemenaker.go.id bahkan pada setiap kecamatan juga ada pusat informasi kerja.

Dijelaskan Arief Rachman, hingga kini terdapat sekitar 16 ribu pencari kerja yang terdaftar pada institusinya, sedangkan sedikitnya 1.507 pencari kerja di antaranya telah mendapatkan pekerjaan.

Mereka itu tercatat sejak 1 Januari 2019, mendaftarkan diri untuk mendapatkan AK 1 maupun kartu kuning sebagai persyaratan mencari kerja di dalam negeri termasuk di luar kabupaten hingga untuk mencari peluang kerja di Kawasan Asia Pasifik.

Dia juga mengingatkan, pengangguran lebih dekat dengan kemiskinan, imbuhnya.

******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here