Inilah Potret “Nyunda” Rabu Pemkab/Setda Garut

by

Garut News ( Rabu, 02/04 – 2014 ).

Wabup Beraudensi.
Wabup Beraudensi.

Wakil Bupati Garut, dr H. Helmi Budiman juga “nyunda” atawa berbusana adat “Sunda”, ketika menerima maupun beraudensi dengan kalangan Pengurus Perguruan Tinggi Swasta di kabupaten setempat.

Helatan tersebut, berlangsung di ruang kerja Wakil Bupati Garut, Rabu (02/04 – 2014 ).

potret2Sedangkan karyawati atawa pegawai perempuan di lingkungan birokrat Pemkab/Setda, berbusana kebaya setiap Rabu.

Termasuk para Kepala SKPD, maupun SOPD-nya.

Pelayanan publik di lingkungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat pun, berlangsung seperti biasa, tetapi para pegawainya “nyunda”.

Seorang pejabat di lingkungan Dinsosnakertrans Garut, Jajang katakan menerima Surat Edaran Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi, bernomor SE.2/MEN/III/2014 Tentang Hari Libur Pada Pelaksanaan Pemungutan Suara Pileg 2014.

Tetapi banyak kalangan menilai Surat Edaran tersebut, bias atawa kurang tegas.

Lantaran memuat klausul, apabila pekerja/buruh harus bekerja pada tanggal pemungutan suara, maka pengusaha harus mengatur waktu kerja agar pekerja/buruh dapat menggunakan hak pilihnya.

potret3Kemudian, pekerja/buruh yang bekerja pada tanggal pemungutan suara, berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja/buruh yang dipekerjakan pada hari libur resmi.

Upah kerja lembur sebagaimana dimaksud, dihitung hanya pada saat pekerja/buruh melaksanakan pekerjaan.

Dalam hal di suatu wilayah/ daerah harus dilakukan pemungutan suara ulang, maka penetapan hari libur pemungutan suara ulang di wilayah/daerah tersebut berpedoman pada peraturan KPU.

Demikian Surat Edaran ditandatangani Menakertrans, Muhaimin Iskandar.

Sehingga Surat Edaran ini, bisa multi tafsir, dan bisa sepenuhnya menjadi kewenangan pihak perusahaan, menentukan waktu bagi pekerja/buruh menggunakan hak pilihnya.

Surat Edaran ini, menyusul KPU menetapkan tanggal pemungutan suara Pileg, 9 April 2019.

Kepala Disdukcapil Garut, Darsani.
Kepala Disdukcapil Garut, Darsani.

Sedangkan penetapan tanggal pemungutan suara, juga sesuai peraturan KPU Nomor 26/2013 tentang pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara pada Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi.

Serta DPR Kabupaten/Kota.

 

 

 

******

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.