Inilah, Pertumbuhan Usaha Ekonomi Kreatif Saat Ini

0
102 views
Edi Ruhiyat.

Garut News ( Senin, 12/11 – 2018 ).

Oleh : Edi Ruhiyat  ( KSK Mitra Cibalong Garut ).

Infografis.

Seiring bertambahnya jumlah penduduk saat ini, menjadikan pertumbuhan perekonomian pun kian pesat. Lantaran tuntutan kebutuhan terhadap sandang, pangan, juga papan semakin meningkat pula.

Sehingga dari sekian banyaknya Penduduk Indonesia khususnya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, merebak ragam dan jenis usaha yang mereka miliki dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Dengan jenis usaha kuliner, yang menjamur pada lintasan jalan di pusat perkotaan hingga menuju destinasi wisata, demikian pula di pinggiran kota.

Semoga semaraknya usaha kuliner tersebut, memberikan ruang dan waktu kepada mereka bisa berkembang bahkan meningkatkan pendapatan usaha menjadi lebih besar, agar ke depan dapat mengurangi jumlah pengangguran sekaligus bertambahnya penghasilan, serta in came per kapita kabupaten setempat.

Meski tentunya, semua itu mesti sejalan bersama pemerintah. Antara lain dalam penataan kota, perizinan, lokalisasi usaha bagi para pedagang di kaki lima, serta terpeliharanya kebersihan.

Jika hal ini bisa terus berkembang, maka dipastikan menambah kontribusi besar terhadap peningkatan usaha kreatif termasuk sumbangsihnya kepada pemerintah dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi, pajak, dan peningkatan PDB.

Berdasar capaian pertumbuhan PDRB Ekraf 2016 pada lima provinsi terdiri Jabar, Yogyakarta, Jatim, Bali, dan Sumatera Utara, mencapai 48,04 persen. Sedangkan di luar itu terdapat 29 provinsi lain mencapai 51,96 persen.

Kemudian jumlah usaha Ekraf berdasar sensus 2016 mencapai 8,2 juta pengusaha, dengan PDB Ekonomi Kreatif pada 2016 tersebut mencapai Rp922,59 triliun, atau memberikan kontribusi 7,44 persen terhadap total perekonomian nasional.

Usaha Ekonomi Kreatif di Provinsi Jawa Barat berdasar data 2016 memberikan andil pada PDRB nasional mencapai 11,81 persen dari tahun sebelumnya berangka 6,62.

Karena itu, semoga pada data 2017 dan 2018 pertumbuhannya terus meningkat, Infografis tentang data Ekraf di Indonesia pun terus bergulir. Seiring Peraturan Presiden RI Nomor 72/2015 atas Perubahan Peraturan Presiden RI  Nomor 6/2015 tentang lahirnya sebuah lembaga/Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Semoga pula, andil usaha Ekraf di Kabupaten Garut ini dapat memberikan andil besar terhadap kontribusi perkembangan terhadap pertumbuhan Ekraf Nasional.

Sedangkan banyaknya usaha kuliner di Garut yang memiliki ciri dan khas daerah, bisa untuk menambah daya tarik wisata diharapkan senantiasa berjalan.

Sehingga dapat menunjang Garut yang memiliki sebutan “Kota Intan”, juga “Garut Pangirutan” kian menjadikannya sebagai kota tujuan wisata. Sebab kabupaten tersebut sebagai penyangga Ibukota Provinsi Jawa Barat.

*********

Repro Fotografi : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here