Inilah Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di Limbangan

0
13 views
Areal Terminal Limbangan yang Terdesak Kios Pasar.

Garut News ( Senin, 08/07 – 2019 ).

Berkondisi Sangat Mengenaskan.

Kian banyak pengendara maupun awak angkutan umum juga pengguna jasa jalan menyesalkan kondisi lintasan Jalan Raya Bandung-Malangbong di wilayah Kecamatan Balubur Limbangan lantaran kerap terjadi kemacetan lalu lintas setiap harinya.

Sedangkan penyebabnya antara lain pada areal Terminal Limbangan berlokasi di depan gedung “Pasar Tradisional Modern Limbangan” semakin berubah fungsi menjadi pasar tandingan.

Menyusul pedagang dari bekas pasar darurat di Lapang Pasopati berhijrah dengan membangun kios-kios di seputar areal terminal. Bahkan mereka memasang papan nama “Pasar Gotong Royong”, sebagian besar pedagang pasar sejak awal menolak revitalisasi Pasar Limbangan.

Namun Pemkab setempat semakin nyaris tak berdaya, malahan mengesankan menutup mata terhadap masalah tersebut.

Mengakibatkan moda angkutan penumpang umum maupun angkutan perdesaan tak bisa masuk terminal, selama ini hanya bisa menurunkan dan menaikkan penumpang di luar areal terminal.

Ngetem atau memarkir kendaraan pun hanya bisa di luar terminal, termasuk memutar balik kendaraan terpaksa dilakukan pada lintasan badan jalan raya nasional depan terminal.

Padahal antara lain melayani jurusan Garut-Limbangan, Leuwigoong-Limbangan, Cibatu-Limbangan, Malangbong-Limbangan, dan Ciaro-Limbangan.

Diperparah pula banyaknya bangunan kios menutupi areal parkir di belakang gedung Pasar Limbangan pada lintasan Jalan Raya Limbangan-Cibiuk.

Selain tak tersedia lahan parkir, kendaraan angkutan barang pun hanya bisa menaikkan dan menurunkan barang di luar areal pasar, juga banyaknya delman menambah kemacetan di belakang pasar hingga pertigaan Limbangan-Malangbong.

“Permasalahan ini, akibat carut marutnya persoalan revitalisasi Pasar Limbangan yang belum sepenuhnya dituntaskan,” ungkap para pengguna jasa jalan.

******

(ZN/Fotografer : John Doddy Hidayat).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here