Inikah Galeri Seni Pertama di Dunia?

0
24 views

Garut News ( Selasa, 31/05 – 2016 ).

Lukisan purba di gua Atxurra di Spanyol menggambarkan sosok kuda. Lukisan itu adalah salah satu dari sekian banyak lukisan di gua yang disebut sebagai galeri seni pertama di dunia. (AFP/Getty Images).
Lukisan purba di gua Atxurra di Spanyol menggambarkan sosok kuda. Lukisan itu adalah salah satu dari sekian banyak lukisan di gua yang disebut sebagai galeri seni pertama di dunia. (AFP/Getty Images).

– Arkeolog telah menemukan sebuah galeri lukisan kuno yang tersembunyi jauh di dalam gua Atxurra di sebelah utara Spanyol, tepatnya di sebuah desa bernama Berriatua, 50 km dari kota Bilbao, Basque.

Setidaknya ada 70 gua berisi lukisan yang telah ditemukan di situs tersebut. Gua yang di temukan oleh arkeolog Diego Garate dan penjelajah gua Iñaki Intxaurbe ini diperkirakan berumur 14.500 tahun yang lalu dan mengungkapkan akhir masa paleolitikum sekaligus diperkirakan sebagai galeri seni pertama manusia.

Lukisan ini terbentang sekitar 100 meter dan menyelimuti dinding gua. Sebagian besar menggambarkan kuda, bison, kambing dan rusa. Ada pula lukisan yang menggambarkan perburuan seekor bison oleh pemburu purba. Lukisan bison itu dibuat untuk menggambarkan ukuran tombak yang digunakan untuk menusuk perut bison tersebut.

Peneliti mengatakan, seniman pada saat itu kemungkinan menggunakan pigmen hitam yang berasal dari batu bara untuk membuat lukisan di gua tersebut. Pigmen digesekan pada permukaan dinding batu dengan menggunakan batu api.

Periode Paleolitikum Atas sendiri dimulai 40.000 juta tahun lalu dan berakhir kira-kira 10.000 tahun yang lalu. Kepada Daily Mail, Selasa (24/5/2016), peneliti mengatakan, lukisan tersebut kemungkinan sekitar 14.500-12.500 tahun yang lalu, akhir masa palaeolitikum.

Selama masa Paleolitikum Atas, manusia mulai mempelajari kebudayaan lebih lanjut, seperti mengenal peralatan yang terbuat dari batu, tulang dan batu api. Bentuk awal seni juga mulai muncul dan manusia mulai mengekspresikan diri mereka melalui gambar, lukian dan bahkan musik.

Gua penuh lukisan purba itu ditemukan pertama kali pada tahun 1929. Lebih dari seribu tahun lukisan ini hampir menghilang dan tak terjamah.

Pemerintah setempat baru merekrut tenaga ahli untuk melakukan ekplorasi pada tahun 2014 dan menemukan lukisan di gua pada September 2015. Peneliti akan terus melanjutkan mengeksplorasi gua Atxurra hingga beberapa tahun kedepan. Sementara gua juga akan ditutup untuk umum agar tetap terjaga dari tangan yang tak bertanggung jawab.

Apakah Atxurra adalah galeri seni pertama di dunia? Sulit untuk mengklaimnya.

Indonesia pun kaya akan lukisan gua. Lukisan gua di Maros, Sulawesi Selatan, saat ini merupakan lukisan gua pertama di dunia. Lukisan gua juga banyak tersebar di gua-gua wilayah Sumatera hingga Maluku dan Papua. Jadi, mungkin pula bahwa Indonesia adalah galeri seni pertama di dunia.

*******

Penulis : Kontributor Sains, Monika Novena
Editor : Yunanto Wiji Utomo/Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here