Idul Fitri Mengutamakan Empati Berbhakti Terhadap Orangtua

0
45 views
Ketua DKM An-Nuur.

Garut News ( Rabu, 05/06 – 2019 ).

Berempati Dengan Semangat Berbagi.

Pada momentum Lebaran Idul Fitri 1440 H/2019 ini, hendaknya bisa dijadikan momentum penting mengutamakan peningkatan empati kepada anak – anak yatim, juga tingginya meningkatkan kualitas bhakti terhadap kedua orangtua, terutama ibu kandung.

Selama sebulan berpuasa, meski hanya memindahkan rentang waktu mengonsumsi makanan dan minum, namun kerap bisa dirasakan beratnya kita menahan lapar dan dahaga.

Apalagi jika mengingat demikian beratnya beban raga kaum fakir dan miskin termasuk anak – anak yatim yang terlantarkan, dipastikan mereka acap setiap harinya tak menentu bisa menikmati atau menemukan makan serta minum secara tepat waktu.

Sarat Pesan Moral.

“Sehingga di tengah berlimpah – ruahnya ragam konsumsi Lebaran yang kita miliki, hendaknya terdapat kepedulian berbagi menyantuni kaum fakir miskin dan anak – anak yatim,” imbuh Ketua DKM An-Nuur Perum Citra Jaya Sentosa Garut, Jawa Barat, Ganjar J Jauhari, ST.

Ketika menjadi Khatib Shalat Idul Fitri, Rabu ( 05/06 – 2019 ), diingatkan besarnya pengorbanan kedua orangtua terutama ibu kandung yang tak terhingga nilainya, sejak kita dalam kandungan hingga proses persalinan kerap berkondisi nyaris meregang nyawa, “tak berdaya antara hidup dan mati”.

Pengorbanan itu pun terus berlanjut pada proses membesarkan dan mendidik anak, dengan pelbagai permasalahannya antara lain anak sakit menjadikan kedua oprangtua tak henti berupaya menyebuhkan dengan belai kasih sayang tulus ikhlas tak pernah sirna.

Penghimpunan dan Penyaluran Zakat Infaq Shodaqoh Mencapai Sekitar Rp25 Juta.

Sehingga pada momentum Lebaran Idul Fitri ini, hendaknya anak bersimpuh memohon maaf kepada kedua orangtua sekaligus maksimal membahagiakannya, namun bagi yang orangtuanya telah meninggal maka memohonlah do’a serta ampunan kepada Allah SWT.

Dengan Asma Allah SWT yang maha Rakhman lagi Rokhim, hendaknya pula anak mendoakan kedua orangtuanya agar mendapatkan ampunan Nya, mendapatkan tempat mulia disisi Allah SWT, serta mendapatkan Ridha Allah SWT menerima amalan ibadahnya.

Pada Lebaran Idul Fitri ini pun, juga dapat dijadikan wahana untuk saling maaf – memaafkan, serta dijadikan perekat silaturahim bersama saling membebaskan diri dari prasangka buruk antar sesama, saudara maupun handai taulan, ujar Ganjar J Jauhari.

*******

Esay/Fotografer : Erwin Ramadhan/John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here