Hujan Lambungkan Harga Cabe Beserta Gula Merah

0
23 views
Akhmad Wahyudin.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 11/10 – 2016 ).

Akhmad Wahyudin.
Akhmad Wahyudin.

Plt Kepala UPTD Pasar Guntur Ciawitali Garut, Akhmad Wahyudin, SE katakan tingginya intensitas curah hujan selama ini ternyata bisa melambungkan harga cabe merah, beserta gula merah.

Sehingga nyaris sejak sepekan terakhir, harga cabe merah menjadi pada kisaraan Rp55 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram, padahal sebelumnya masih bertengger pada kisaran Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

Sedangkan gula merah, semula komoditi tersebut bisa diperoleh dengan harga Rp16 ribu per kilogram, kemudian harganya menjadi melambung pada kisaran Rp20 ribu hingga Rp21 ribu, ungkap Akhmad Wahyudin kepada Garut News di ruang kerjanya, Selasa (11/10-2016).

aa988Disusul harga gula pasir Rp13 ribu per kilogram, dengan harga grosir Rp11.500 per kilogram, telur ayam ras Rp20 ribu per kilogram dari semula Rp19 ribu per kilogram, kemudian harga daging ayam ras Rp30 ribu per kilogram.

Dikemukakan pula, kenaikan harga gula merah itu dipicu meningkatnya permintaan konsumen bersamaan mulai langkanya produksi gula berbahan baku nira.

Lantaran petani perajinnya kesulitan melakukan produksi sebab kualitas kadar gula pada nira menurun dibandingkan kadar air yang justeru meninggi akibat pengaruh cuaca hujan terus menerus.

Menuangkan Hasil Sadapan Aren Bahan baku Gula Merah.
Menuangkan Hasil Sadapan Aren Bahan baku Gula Merah.

“Permintaan terhadap gula merah juga semakin tinggi. Terutama karena makin banyaknya permintaan dari pengusaha makanan atau penganan yang menggunakan bahan baku utamanya gula merah. Biasanya kebutuhan gula merah untuk di Pasar Guntur saja tak kurang dari satu ton per hari. Belakangan kebutuhannya naik menjadi sekitar dua ton per hari. Jelas tak terpenuhi,” kata Wahyudin.

Dikatakan, guna memenuhi kebutuhan gula merah ini, sejumlah pengecer mendapatkanya dari Pasar Induk Caringin Bandung.

“Namun kita sendiri enggak tahu, yang memasok ke Caringin itu dari Garut atau bukan. Yang jelas, kiriman gula merah dari wilayah Selatan Garut yang merupakan sentra penghasil gula merah saat ini sangat berkurang,” katanya.

Dia juga menyatakan belum bisa memerkirakan sampai kapan harga gula merah bisa kembali normal. Menyusul cuaca berintensitas hujan tinggi diperkirakan masih bakal terus berlangsung lama, katanya pula.

 

*******

(nz, jdh).