Hujan Angin Garut Tumbangkan Hamparan Tanaman Padi

0
126 views
Tumbangkan Hamparan Areal Tanaman Padi.

Garut News ( Jum’at, 08/12 – 2017 ).

Tumbangkan Hamparan Areal Tanaman Padi.

********* Hujan angin yang mengguyur nyaris seluruh wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jum’at (08/12-2017), selain menjadikan banyak lintasan ruas badan jalan tergenang luapan drainase pada kiri dan kanan jalan hingga mencapai puluhan centimeter.

Juga menumbangkan banyak hamparan tanaman padi yang mulai belajar berbuah pada hamparan persawahan di Kecamatan Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, serta di sejumlah wilayah desa dan kecamatan lainnya.

Tumbangnya hamparan tanaman padi tersebut, masih bisa banyak diperoleh hasilnya jika berkondisi siap penen dapat langsung dilakukan pemanenan meski terpaksa dilakukan pada malam hari, atau seusai meredanya hujan angin.

Namun dipastikan bakal banyak produksi yang terbuang percuma, apabila kondisi hamparan tanaman padinya masih hijau atau mulai belajar berbuah, kendati batangnya diupayakan bisa kembali tegak.

Demikian diungkapkan kalangan petani di Kampung Panawuan Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul, termasuk Yadi (45), yang mengaku sempat sangat khawatir berlangsungnya hujan angin sekitar dua jam sejak sekitar pukul 13.00 WIB.

Antara lain menyebabkan pula banyak rumah penduduk yang geting, serta atap rumahnya berterbangan.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here