HMI Jabar : Hukum Jangan Dijadikan Alat Penguasa

0
21 views
Unjukrasa HMI di Bundaran Simpang Lima Garut, Kamis (10/11-2016).

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 10/11 – 2016 ).

Unjukrasa HMI di Bundaran Simpang Lima Garut, Kamis (10/11-2016).
Unjukrasa HMI di Bundaran Simpang Lima Garut, Kamis (10/11-2016).

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabar pada release yang disebar HMI Cabang Garut menyatakan, hukum adalah produk penguasa. Hukum adalah alat untuk memperoleh keadilan berbangsa dan bernegara.

Namun hukum “jangan” dijadikan alat penguasa, untuk melegitimasi kekuasaan yang sewenang-wenang.

Ketua Umum HMI Cabang Garut, Muhlis Munawar bersama rekannya pada unjukrasa di Bundaran Simpang Lima Garut, Kamis (10/11-2016), berorasi bergantian dan menyebutkan, suatu keniscayaan bagi suatu negara untuk melakukan supremasi hukum.

Sebagai bentuk negara hukum dan menjunjung tinggi hukum, agar menegakan keadilan dalam hidup dan berkehidupan secara berkeadilan.

Dikemukakan, para penguasa hari ini telah terlihat bahwa rezim mencederai nilai-nilai dan butir-butir Pancasila sila ke-5. Dimana keadilan sosial bagi seluruh Indonesia nyatanya hari ini keadilan sosial bagi para penguasa rezim.

Hari ini Pahlawan diperingati, dan Pahlawan itu adalah aktivis revolusioner. Namun kenapa para aktivis yang menyuarakan kebenaran semua dibungkap, dan diadili dengan tidak adil.

HMI mernuntut, agar Polri untuk menegakan hukum dengan seadil-adilnya dan segera memproses secara cepat penuntasan kasus saudara Basuki Tjahja Purnama (Ahok) atas dugaan penistaan agama.

Mengecam tindakan represif  aparat kepolisian terhadap para aktivis yang mengikuti aksi demontrasi, 4 Nopember 2016, dan mengecam tindakan kriminalisasi terhadap aktivis karena tidak sesuai dengan ketentuan hukum pidana.

Menuntut untuk segera dibebaskannya para aktivis HMI, dan aktivis lainnya yang masih ditahan Poida Metro Jaya dengan status hukum yang tidak jelas.

Menyesalkan adanya “Surat Penghentian Penyidikan” (SP3) klasus penghinaan lembaga HMI oleh Saut Situmorang, sebagai bukti kegagalan kepolisian dalam tugasnya menegakan hukum di negeri ini.

Pada hari ini seluruh kader HMI cabang se wilayah kerja Badko HMI Jabar, melaksanakan aksi demontrasi di kota/kabupaten masing-masing menuntut keadilan bagi para aktivis.

Selanjutnya seluruh kader HM Cabang se wilayah kerja Badko HMI Jabar untuk ikut serta dalam aksi demontrasi kepada Polda Jabar, untuk menuntut keadilan bagi para aktivis.

Hukum dan adili bagi para provokator dalam tragedi 4 November dalam Aksi Bela Islam Jilid II, termasuk di dalamnya ada oknum kepolisian.

Menuntut kepada Pemkab Garut agar melaksanakan penegakan hukum demi menuju masyarakat berkeadilan.

 

********