Helmi : Pusat Konservasi Elang Kamojang Dijadikan Wisata Ilmiah

0
310 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Sabtu, 28/03 – 2015 ).

Elang Jawa, (Gagah-K/11, Gender : Betina, Berumur Tua, pakan : puyuh dan marmut hidup,sebaran  Endemik Pulau Jawa), Berkondisi Cacat Sayap kanan dan Tak Bisa Terbang Jauh.
Elang Jawa, (Gagah-K/11, Gender : Betina, Berumur Tua, pakan : puyuh dan marmut hidup,sebaran Endemik Pulau Jawa), Berkondisi Cacat Sayap kanan dan Tak Bisa Terbang Jauh.

Foto berita akhir pekan ini, Sabtu (28/03-2015), Garut News menyajikan sekilas potret Pusat Konservasi Elang Kamojang, yang sangat diharapkan oleh Wakil Bupati Garut dr H. Helmi Budiman bisa dijadikan obyek wisata pendidikan, atawa wisata ilmiah.

Asa mulia tersebut, antara lain mengemuka ketika Helmi Budiman meninjau langsung aplikasi pengelolaan satwa itu di Kampung Citepus Desa Sukakarya Kecamatan Samarang, Garut, belum lama ini, ungkap Raptor Indonesia Zaini Rahman.

Kepada Garut News, Zaini katakan saat ini terdapat sekitar 14 populasi terdiri satu Elang Jawa (Nisaetus bartesi), tujuh Elang Ular (Spilornis cheela), serta enam Elang Brontok (Nisaetus cirrlatus).

Dikemukakan pula, penyelenggaraan program pemulihan species dan habitat ini, guna mewujudkan kesinambungan species serta habitat di Indonesia.

Jalani Direhabilitasi.
Jalani Rehabilitasi.

Sedangkan program utamanya berupa kolaborasi manajemen dalam perencanaan dan monitoring evaluasi, pembangunan pusat informasi dan pendidikan konservasi berbasis Raptor, pembangunan pusat penyelamatan dan rehabilitasi raptor.

Selain itu, penelitian dan pelestarian Elang dan habitatnya, serta pelibatan masyarakat dalam upaya pelestarian Elang dan habitatnya.

Didesak pertanyaan Garut News mengenai rencana pembudidayaan Elang sebelum dilepas ke alam bebas, Zaini Rahman katakan agenda ke arah ini dipastikan berlangsung bertahap dan terukur, katanya antara lain.

Rifki M. Iqbal bersama rekannya, mahasiswa semester delapan jurusan Biologi Sains dari UIN Bandung, kini juga menyelenggarakan penelitian pada Pusat Konservasi tersebut.

Zaini Rahman bersama Rifki M. Iqbal Tunjukan Skema Pengelolaan Satwa.
Zaini Rahman bersama Rifki M. Iqbal Tunjukan Skema Pengelolaan Satwa.
Skema.
Skema.
Zaini Rahman Presentasikan Konsepsi Pemeliharaan.
Zaini Rahman Presentasikan Konsepsi Pemeliharaan.
Proses Pemulihan.
Proses Pemulihan.
Rifki Jelaskan Karakteristik Elang Jawa.
Rifki Jelaskan Karakteristik Elang Jawa.
Inilah Pusat Konservasi Elang Kamojang.
Inilah Pusat Konservasi Elang Kamojang.

Pada bagian lain Zaini jelaskan, Elang pada Pusat Konservasi ini antara lain berasal dari operasi penyitaan, dan dari pihak pemelihara yang sadar menyerahkannya.

 

********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here