Helmi : Ibadah Haji Diwajibkan Bagi yang Berkemampuan

0
20 views
Noble Garden (a piece of paradise), Juga Al-Raudhah Noble Bahce (cennetten bir parca). Foto : John Doddy Hidayat.

Garut News ( Rabu, 03/07 – 2019 ).

Foto : John Doddy Hidayat.

Musim ibadah haji Idul Adha 1440 H/2019 ini, para calon jamaah haji diberangkatkan dari Kabupaten Garut mencapai 1.930. Mereka bersama 15 calon jamaah haji dari kru penyelenggara.

Diberangkatkan pada lima kelompok terbang, kloter pertama berangkat pada 9 Juli 2019. Dengan kuota calon jamaah haji asal kabupaten setempat tahun ini bertambah dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Wabup Garut Helmi Budiman katakan, sesuai Psl 36 Undang Undang Nomor 8/2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Pemkab Garut pun menyiapkan anggaran kebutuhan biaya transportasi jamaah.

Foto : John Doddy Hidayat.

Dana itu digunakan mulai dari daerah asal/Garut menuju tempat embarkasi hingga kepulangannya kembali.

Namun Helmi tak menyebutkan besaran anggaran dialokasikan transportasi jamaah haji tersebut. Meski pada 2018 biaya dikeluarkan untuk transportasi jamaah haji diketahui mencapai sekitar Rp700 juta.

Helmi berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa berlangsung lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya. Para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, dan kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur.

Foto : John Doddy Hidayat.

“Ibadah Haji salah satu pilar diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya. Baik secara ekonomi, dan kesehatan fisik maupun mental. Setiap (calon) jamaah haji juga wajib memenuhi persyaratan secara syariat maupun administrasi,” imbuhnya.

*********

(ZN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here