Helmi Budiman “Sawan” Ratusan Hektare Hutan Porak-Poranda

0
95 views

Garut News ( Jum’at, 27/02 – 2015 ).

Helmi Budiman, Geram. (Foto : John Doddy Hidayat).
Helmi Budiman, Geram. (Foto : John Doddy Hidayat).

Sedikitnya 600 hektare lahan hutan di kawasan Gunung Cipicung Desa Sukamulya Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut, ditemukan berkondisi porak-poranda dijarah masih merebak-maraknya pembalakan liar.

Wakil Bupati setempat Helmi Budiman dan rombongan hanya bisa geleng-geleng kepala lantaran “sawan” atawa terkesima menyaksikan kehancuran tersebut, ketika melakukan inspeksi ke lokasi bersama jajaran Kodim 0611, Kamis (26/02-2015).

Rombongan juga mendapati sejumlah barang bukti pembalakan liar. Antara lain gergaji zensaw, dan satu jerigen solar, serta satu pohon pinus baru ditebang.

Namun, pelaku pembalakannya tak berhasil ditangkap sebab melarikan diri, katanya.

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Helmi pun tegas mengajak semua pihak serius memerhatikan perusakan kawasan hutan di daerah berbatasan dengan Desa Girimukti wilayah Kecamatan Cikelet itu.

“Ini tidak bisa lagi ditolelir. Apa yang terjadi saat ini bisa dikatakan sebagai bagian dari rusaknya moral,” tandasnya, geram.

Komandan Kodim 0611 Garut Letkol B. Hadi Suseno juga mengajak masyarakat tidak hanya berpikir untuk diri sendiri melainkan juga untuk generasi mendatang.

Masyarakat bisa memanfaatkan hutan, tetapi tidak dengan merusaknya. Masyarakat tidak memiliki lahan bisa memanfaatkan hutan dengan program-program yang diselenggarakan Pemerintah, imbuhnya, menyerukan.

********

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here