Helmi Ajak Masyarakat Berperilaku Bersih dan Sehat

0
31 views
Wakil Bupati Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut, Langsung Nikmati Air Hasil Pengolahan di Kampung Cipangsor.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 07/02 – 2017 ).

Wakil Bupati Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut, Langsung Nikmati Air Hasil Pengolahan di Kampung Cipangsor.
Wakil Bupati Bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut, Langsung Nikmati Air Hasil Pengolahan Air Siap Minum di Kampung Cipangsor.

Wakil Bupati Garut dr H. Helmi Budiman mengajak masyarakat Perkampungan Cipangsor di Kelurahan Sukajaya Tarogong Kidul agar senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat, dengan sebaik mungkin memanfaatkan ragam sarana air bersih beserta MCK ber-‘septic tank’ sumbangsih dari para donatur.

Selain itu, hendaknya pula jangan membuang kotoran maupun sampah ke sungai dan ke kolam. Melainkan buanglah sampah pada tempatnya. Seperti halnya dahulu kala air sungai pun bisa langsung diminum lantaran masih bersih dan sehat.

Tinjau MCK Ber-'Septip Tank'.
Tinjau MCK Ber-‘Septic Tank’.

“Saling tolong-menolong bersama memanfaatkan fasilitas air bersih juga MCK ber-‘septic tank’ sekaligus merawat dan menjaganya dengan sebaik-mungkin, juga bisa berpahala apalagi terdapat pada lingkungan masjid, pesantren, serta lingkungan para ustad,” imbuh Helmi Budiman pada peresmian pemanfaatan sumbangsih para donatur tersebut di Kampung Cipangsor, Selasa (07/02-2017).

Bahkan Helmi Budiman juga mengharapkan, ketersediaan inprastruktur itu bisa dipastikan merubah perilaku maupun akhlaq agar senantiasa berupaya meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT berbasiskan keshalehan sosial.

Kalangan Donatur.
Kalangan Donatur.

Diserukan pula, dengan ketersediian sarana air bersih dan MCK yang memenuhi syarat kesehatan dan kebersihan dapat semakin menggairahkan semangat shalat shubuh berjamaah supaya Garut berkah, dengan wasillah meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

Wakil Bupati Helmi Budiman menyempatkan pula melontarkan pertanyaan kepada para santri dan kalangan ibu-ibu mengenai manfaat berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam pada itu, Tim Penggerak PKK kabupaten setempat memberikan bantuan seperangkat piranti pengolahan air siap minum, juga karpet, buku-buku Iqro, serta Al Qur’an.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Garut Serahkan Bantuan.
Ketua Penggerak PKK Kabupaten Garut Serahkan Bantuan.

Disusul bantuan Iluni Universitas Indonesia berupa pembangunan MCK, Sumur Bor, Septic Tank, serta pemasangan instalasi listrik.

Bantuan juga diberikan “Alumni SMA Tiga Angkatan 73” (Astuti) Bandung berupa MCK, Sumur Bor, dan Septic Tank.

Sedangkan di Kampung Cipangsor RW. 19 terdapat bantuan dari Alumni ITB Angkatan 73 berupa pengolahan air, MCK dan Septic Tank juga Mushola, kemudian bantuan dari Pospera Jakarta di Kampung Cipangsor RW. 15 berupa MCK.

Sehingga kini sedikitnya 160 kepala keluarga atau sekitar 800 penduduk Kampung Cipangsor bisa menikmati sarana air bersih juga MCK ber septic tank.

Wabup Bersama Murid SD.
Wabup Bersama Murid SD.

Terdapat pula bantuan dari Keluarga Besar RE Koswara (Almarhum) berupa empat MCK, tiga Sumur Bor, satu unit perangkat pengolahan air siap minum, serta tiga unit pembangunan septic tank.

Diperoleh informasi, Astuti juga memberikan bantuan pembangunan sumur dalam berkedalaman 150 meter di Cimahi Rancabuaya Caringin, rumah baca, perpustakaan, serta bhakti sosial operasi katarak.

Didesak pertanyaan Garut News, Helmi Budiman katakan secara bertahap terus-menerus diupayakan tak ada lagi penduduknya yang buang air besar sembarangan.

Kalangan Ibu Wakili Masyarakat Menyampaikan Terimakasih Kepada Para Donatur.
Kalangan Ibu Wakili Masyarakat Menyampaikan Terimakasih Kepada Para Donatur.
Piranti Pengolahan Air Siap Minum Sumbangan Tim Penggerak PKK Kabupaten garut.
Piranti Pengolahan Air Siap Minum Sumbangan Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut.

Hingga kini sedikitnya terdapat penduduk yang tersebar pada 230 desa benar-benar terbebas atau tidak lagi buang air besar sembarangan, katanya.

Ketua Community Development Center Iluni UI, Irvan Toreza antara lain katakan, bantuan yang diberikannya bernilai sekitar Rp52 juta.

 

*********

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here