Harga Domba Garut Pemenang Kontes Rp60 Juta

0
114 views
Seusai Memenangkan Kontes Ketangkasan.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Ahad, 15/10 – 2017 ).

Seusai Memenangkan Kontes Ketangkasan.

********* Seekor plasmanuftah Domba Garut (Aries Ovis), yang berhasil unggul menjadi pemenang pada beberapa kali penyelenggaraan kontes ketangkasan, nilai jualnya bisa mencapai Rp60 juta, bahkan bisa lebih.

Sedangkan jauh sebelum dapat meraih keunggulan, diperlukan proses pemeliharaan cukup lama juga melelahkan, termasuk menyediakan pakan di antaranya rumput pilihan yang bersih, serta penyediaan kandang yang memenuhi persyaratan.

Bernilai Ekonomi Tinggi.

********* Demikian antara lain dikemukakan seorang peternak satwa tersebut di Rancabango Garut, Jawa Barat, Maman (45), Ahad (15/10-2017).

Kepada Garut News dia mengemukakan pula, kandang yang disyaratkan berkonstruksi kayu jati, dengan kokoh dan mudah dibersihkan.

Keharusan menggunakan kayu jati, lantaran saat menjelang dewasa domba tersebut kerap menyeruduk kandangnya sendiri, untuk melampiaskan rasa gatal pada tanduknya. Sehingga jika konstruksi kandan hanya terbuat dari jenis kayu lembek atau mudah rapuh, maka dipastikan bakal cepat rubuh.

Monumen Domba Garut.

********* Bagi Domba Garut yang tengah menjalani proses pemeliharaan secara intensif namun belum pernah mengikuti kontes ketangkasan, bisa diperoleh dengan harga pada kisaran Rp15 juta per ekor, kata Maman.

Kontes ketangkasan tersebut, merupakan salah satu tradisi kearifan lokal penduduk di Kabupaten Garut.

 

 

***********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here