Harga Delapan Jenis Komoditi Masih Merangkak Naik

0
52 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Kamis, 26/05 – 2016 ).

H. Dayat.
H. Dayat.

Delapan jenis komoditi di Pasar Ciawitali Guntur, Garut, Jawa Barat, sejak tiga hari terakhir harganya mengalami peningkatan atawa masih merangkak.

Yang juga dipastikan pada awal Juni mendatang bisa terjadi pula peningkatan harga ragam kebutuhan pokok masyarakat menjelang Puasa Ramadhan 1437 H.

Namun sangat diharapkan tak terjadi peningkatan harga yang signifikan, lantaran persediaan pelbagai kebutuhan pokok pada pasar tradisional tersebut mencukupi.

Sayur-mayur.
Sayur-mayur.

Kepala UPTD Pasar pada Disperindagpas kabupaten setempat, H. Dayat, S.Sos katakan kondisi harga daging ayam ras menjadi Rp32 ribu per kilogram dari semula Rp25 ribu per kilogram.

Kemudian telur ayam ras harganya pun meningkat dari Rp18 ribu menjadi Rp21 ribu per kilogram, disusul bawang merah menjadi bertengger pada harga Rp25 ribu padahal semula bisa diperoleh dengan harga Rp19 ribu per kilogram.

Peningkatan harga terjadi pula pada mata dagangan bawang putih dari semula Rp28 ribu menjadi Rp35 ribu per kilogram.

Jenis komoditi cabe merah gepeng pun menjadi Rp30 ribu dari semula harganya Rp23 ribu per kilogram, sedangkan kentang dari semula Rp8.000 menjadi Rp13 ribu per kilogram.

Kemasan Gula Merah.
Kemasan Gula Merah.

Gula Merah Bojong Loa pun meningkat harganya dari semula Rp13 riubu menjadi Rp16 ribu per kilogram, sementara itu harga daging sapi masih relatif tetap bertahan dengan harga Rp110 ribu per kilogram.

Khusus mata dagangan gula pasir, harganya masih pada kisaran Rp15 ribu per kilogram, malahan di tingkat pengecer atawa warung pada setiap pemukiman penduduk dipasarkan dengan harga hingga mencapai Rp17 ribu per kilogram

H. Dayat katakan, diprediksi Juni mendatang terjadi penurunan harga gula pasir, sebab bersamaan berlangsungnya panen raya tebu di Cirebon.

Sehingga selama ini gula pasir terpaksa didatangkan dari Sumatera, maka harganya pun menjadi merangkak naik.

*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here