HAI Jabar Tunjang Upaya Peningkatan IPM Garut

0
14 views
Ricky Rizki Darajat, SH, M.Si.
Semarak HAI Tingkat Provinsi Jabar di Garut.

“Garut Berhasil Raih ‘Juara Umum’ Tingkat Jabar”

Garut News ( Kamis, 14/11 – 2019 ).

Diselenggarakannya ragam kegiatan peringatan ke-54 ‘Hari Aksara Internasional’ (HAI) Tingkat Provinsi Jawa Barat di Alun-alun Garut selama tiga hari, dapat menunjang upaya peningkatan ‘Indeks Pembangunan Manusia’ (IPM) kabupaten setempat sebagai tuan rumah helatan tersebut.

Khususnya pada upaya peningkatan indeks pendidikan berupa ‘rata-rata lama sekolah’ (RLS), lantaran termotivasi meningkatkan minat baca masyarakat juga termasuk bisa memercepat penanganan buta aksara.

Demikian dikemukakan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Ricky Rizki Darajat, SH, M.Si kepada Garut News di ruang kerjanya, Kamis (14/11-2019).

Dikemukakan, selama berlangung kegiatan berjalan lancar serta semarak bahkan Kabupaten Garut berhasil meraih ‘juara umum’ dari 27 kabupaten/kota se Provinsi Jawa Barat.

“Antara lain menunjukan penduduk kabupatennya sebagian besar berkondisi ‘melek’ aksara,” ujar Ricky Rizki Darajat.

Banyak dan semaraknya peminat, antara lain dibuktikan dari Kabupaten Ciamis pun berdatangan peserta, dan pengunjung ke Garut dengan menaiki 30 unit bus, katanya.

Sedangkan ragam kegiatan dipamerkan pada helatan ini, di antaranya pameran produk unggulan Paud dan Dikmas, pemeran pindidikan dan kebudayaan, pentas seni tradisonal Jabar, defile 27 kabupaten/kota, aneka perlombaan, seminar dan workshop juga beragam perlombaan lainnya.

Bertujuan supaya program pendidikan keaksaraan bisa memanfaatkan peluang dari keragaman budaya dan bahasa serta menyosialisasikan kebijakan program percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia melalui gerakan Literasi Nasional, bertemakan  ‘Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat’.

Sehingga diharapkan kian menjadi motivasi bagi penilik dan pimpinan lembaga pendidikan non formal di Kabupaten Garut lebih bersemangat membina, mengelola dan memberikan pelayanan berkaitan dengan pendidikan non formal.

Ada sedikitnya 10.000 personil terdiri peserta, dan penggembira. Termasuk bupati, dan Walikota se-Jawa Barat, serta undangan lainnya.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here