Guncangan Gempa Banten Sempat Kejutkan Penduduk Garut

0
28 views
Ilustrasi.

Garut News ( Selasa, 23/01 – 2018 ).

Ilustrasi.

Guncangan gempa berkekuatan sekitar 6,4 pada ‘Skala Richter’ (SR) berpusat di daerah Lebak Banten juga mengejutkan pada nyaris seluruh wilayah Kabupaten Garut, dan sekitarnya, Senin (23/01-2018).

Sehingga banyak penduduk sempat panik bahkan ada berhamburan keluar rumah menghindari kemungkinan gempa susulan yang bisa meruntuhkan bangunan.

Demikian pula mereka berada di tempat kerja, beberapa di antaranya langsung keluar meninggalkan ruangan saat menyadari bumi bergoyang.

“Guncangannya terasa sekali. Hiasan di dinding rumah juga bergoyang cukup lama. Alhamdulillah, gak terjadi apa-apa. Tetapi kaget saya belum jua hilang. Soalnya guncangannya makin keras di ujung,” ungkap Tri Nurtanti (36) penduduk Pataruman Tarogong Kidul.

Segera pascagempa sekitar pukul 13.35 WIB itu berlalu, warganet di jaringan media sosial pun sibuk saling menanyakan dan mengabarkan kondisi seputar gempa ini.

“Di Rancabuaya sangat terasa,” ungkap Gunawan dari Caringin selatan Garut.

Warga Kabupaten Tasikmalaya juga merasakan gempa meski tak sebesar dirasakan warga Garut.

“Ke Tasik juga sampai (gempanya),” kata Wawan dari Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala BPBD Garut Dadi Djakaria menyatakan tak ada laporan mengenai adanya korban maupun kerusakan akibat gempa tersebut. Dia pun berharap tak terjadi hal tak diharapkan akibat gempa maupun bencana lain, katanya.

********

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.