Generasi Muda Garut Tak Minati Profesi Petani

0
117 views
Helmi Budiman, Teladani Gebyar CTPS semarakan Peringatan ke-54 HKN 2018 di SDN Sukagalih V Tarogong Kidul Garut.

“Terungkap Pada Gebyar CTPS Peringatan ke-54 HKN”

Garut News ( Kamis, 15/11 – 2018 ).

Helmi Budiman, Teladani Gebyar CTPS semarakan Peringatan ke-54 HKN 2018 di SDN Sukagalih V Tarogong Kidul Garut.

Sedikitnya seribu murid dari beberapa “Sekolah Dasar” (SD) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, nyaris seluruhnya sama sekali tak memiliki cita – cita menjadi petani, dan pedagang.  

Mereka umumnya antara lain berkeinginan menjadi pejabat di kalangan birokrat, TNI, serta bercita – cita menjadi dokter, demikian terungkap pada helatan Gebyar “Cuci Tangan Pakai Sabun” (CTPS) menyemarakan Peringatan ke-54 “Hari Kesehatan Nasional” (HKN) 2018 di SDN Sukagalih V Tarogong Kidul Garut, Kamis (15/11-2018).

Diawali Pemakaian Sabun.

Meski ada beberapa murid mengacungkan tangan berkeinginan menjadi petani atau pedagang, namun menampakan sikap malu-malu. Ketika Wakil Bupati setempat dr H. Helmi Budiman menanyakan apakah bercita-cita menjadi petani atau pedagang.

Padahal menurut Helmi Budiman, banyak penduduk kaya raya dengan menggeluti profesi petani, atau pedagang.

dr H. Eddy Kusmayadi Ikut Serta Mengawasi CTPS.

Saat seorang murid perempuan menyatakan keinginannya menjadi dokter, Helmi katakan bagus agar bisa menggantikannya yang kini tak lagi praktek, katanya dengan nada berseloroh.

Wakil Bupati Helmi Budiman, selanjutnya dengan humanis, persuasif, bahkan sangat komunikatif menjalin dialog interaktif namun bernilai edukasi dengan seluruh murid pada Gebyar CTPS Peringatan ke-54 HKN tersebut.

Berlangsung Dialog yang Komunikatif.

Sedangkan pertanyaan ringan seputar “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS),  serta “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas), dilombakan oleh  Helmi Budiman kepada para murid sekaligus memberi hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan.

Sehingga rangkaian helatan Gebyar CTPS Peringatan ke-54 HKN 2018 di kabupaten ini, berlangsung semarak, bahkan Wakil Bupati pun ikut serta dari atas panggung bersenam Germas.

Berlangsung Semarak.

Plt. Kepala Bidang “Kesehatan Masyarakat” (Kesmas) Dinkes Garut Istuti Kurniati, SKM, MH. Kes.  katakan, dengan tema “Aku Cinta Sehat” dan Subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Kita senantiasa harus mengajak masyarakat untuk hidup sehat, dimulai dari hal kecil tetapi berdampak besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

Istuti Kurniati, SKM, MH. Kes.

Kemudian dengan upaya mencuci tangan memakai sabun di air mengalir mampu mencegah terjadinya penyakit diare sampai 47 persen.

Dikemukakan Istuti Kurniati, Gebyar CTPS bertujuan melakukan edukasi kesehatan untuk menanamkan PHBS sejak usia dini dengan harapan bisa menjadi kebiasaan positip, yang terus menerus dilakukan dan dikembangkan.

Memberi Contoh yang Baik, dan Benar.

Serta meningkatkan komitmen, baik lintas program maupun lintas sektor dalam upaya peningkatan, dan pengembangan PHBS di tatanan sekolah menuju sekolah sehat, imbuhnya.

Dengan sasaran primer yakni anak – anak sekolah setingkat Sekolah Dasar berjumlah  seribu murid dari perwakilah beberapa Sekolah Dasar.

Eulis Dahniar Menggerakan Semangat Senam Germas.

Ungkapan senada dikemukakan pula Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Hj. Eulis Dahniar, M.Kes yang sebelumnya berupaya maksimal menyelenggarakan persiapan pada ragam persiapan helatan tersebut.

Dikatakan Eulis Dahniar, sebelumnya Gebyar CTPS juga diselenggarakan pada sekolah di beberapa wilayah kecamatan.

Helmi Budiman Apresiasi Produk Cuci Tangan dari Sampah Plastik.

Bahkan diharapkan, dari setiap lokasi sekolah tersebut bisa menjadi percontohan yang baik, dan benar bagi sekolah lainnya termasuk pada sekitar lingkungannya masing – masing, imbuh Eulis Dahniar pula.

Memberikan Penghargaan.

Rangkaian kegiatan itu, bersumber APBN yang berasal dari DPA pada Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2018.

Humanis Menyapa Murid.

*********

Bersama Murid Berprestasi.
Pendekatan Persuasif.
Foto Bersama.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here