Gencar Dilakukan Perbaikan Tower Tumbang

0
3 views

Garut News ( Rabu, 03/09 – 2014 ).

Gencar Diperbaiki. (Foto: John Doddy Hidayat).
Gencar Diperbaiki. (Foto: John Doddy Hidayat).

– Jajaran teknisi PLN berupaya memercepat proses perbaikan tower “saluran udara tegangan tinggi” (SUTT) berkapasitas 70 KV di Kampung Tongeret Desa Jayamekar Pakenjeng, Garut, Jawa Barat.

Lantaran sebelumnya tumbang, akibat percobaan aksi pencurian pada Rabu (27/08-2014) sekitar pukul 21.35 WIB.

Memercepat perbaikan tersebut, guna memulihkan pasokan energi listrik ke wilayah selatan Kabupaten Garut, serta sebagian Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur.

Jarot. S Beserta Dindin Pandu Perbaikan Tower Rubuh.(Foto: John Doddy Hidayat).
Jarot. S Beserta Dindin Pandu Perbaikan Tower Rubuh.(Foto: John Doddy Hidayat).

Perbaikan tower ditangani langsung Area Pelayanan Pemeliharaan (APP) PLN Cirebon.

Mereka mengerahkan 27 pekerja, berlangsung maraton. Kini proses perbaikannya mencapai sekitar 90%, dan pasokan listrik ke Gardu Induk Pameungpeuk mengaliri sedikitnya 73 ribu pelanggan siap dipulihkan.

Padahal sebelumnya pula, perbaikan tower berketinggian sekitar 30 meter tersebut ditargetkan berlangsung selama 14 hari.

“Alhamdulillah, ternyata perbaikan tower ini lebih cepat dari ditargetkan. Kini 90%, dan dipasangi isolator. Hari ini dilakukan penormalan penghantar jalur dua untuk ke Gardu Induk. Baru besok penormalan penghantar jalur satu interkoneksi,” kata Humas PLN Area Garut Wahyudin, Rabu (03/09-2014).

Terkait penormalan, terpaksa aliran listrik ke wilayah selatan Garut diputuskan sementara.

Sehingga terdapat sedikitnya 73 ribu pelanggan di wilayah tersebut kembali mengalami pemadaman listrik.

“Karena itu kami mohon maaf pada masyarakat pelanggan mengalami pemadaman listrik mulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga sekitar pukul 16.00 WIB. Sedangkan pemasangan penghantar jalur satu besok, kita belum bisa memastikan apakah kembali dilakukan pemadaman atau tidak. Kita lihat saja kondisi nanti,” katanya.

Dikemukakan, selama berlangsung perbaikan, PLN membangun tower emergency berketinggian sekitar 20 meter menjaga pasokan listrik tetap mengalir pada para konsumen di wilayah selatan Garut.

Seperti diberitakan, tower PLN A16 SUTT 70 KV Sumadra-Pameungpeuk penyuplai kebutuhan listrik ke Gardu Induk Pameungpeuk tumbang.

Sebab diduga akibat upaya pencurian terhadap tiang-tiang siku besi pada 27 Agustus 2014 sekitar pukul 21.35 WIB.

Sejumlah barang bukti mengindikasikan tindak pencurian tersebut.

Di antaranya 33 batang besi siku dibongkar terlepas dari bautnya, kunci pas/ring ukuran 24, dan 27, kunci inggris, dan gergaji besi di lokasi kejadian.

Bahkan juga ditemukan jaket, jam tangan, sandal, serta sebuah sepeda motor Honda bebek tak diketahui pemiliknya.

******

Noel, Jdh.