Gempa Sukabumi Berakibat Penduduk Selatan Garut Panik

0
15 views
Ilustrasi.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 08/02 – 2017 ).

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Guncangan Gempa berkekuatan sekitar 5,2pada Skala Richter melanda Sukabumi pada Rabu (08/02-2017) sekitar pukul 15.34 WIB dirasakan pula sebagian penduduk di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Sehingga banyak warga yang bahkan sempat berhamburan keluar rumah menghindari beragam kemungkinan kejadian tak diharapkan akibat gempa tersebut. Demikian pula para pengungsi korban dampak pergerakan tanah di Desa Sindangsari Kecamatan Cisompet sempat berhamburan keluar dari bangunan hunian sementaranya di lokasi pengungsian.

“Tak terlalu panik sebenarnya. Mungkin lantaran guncangannya tak terlalu besar, dan tak terlalu lama. Hanya, warga berhamburan keluar ketika gempa terjadi,” ungkap penduduk setempat termasuk juga pengurus Taruna Siaga Bencana (Tagana) Cisompet, Jajang.

Menurut dia, hingga kini, warga sendiri justru masih terus dihantui pergerakan tanah di daerah mereka yang sampai sekarang masih terus terjadi.

Mereka pun kian sangat jenuh tinggal di hunian sementara yang kondisinya serba terbatas. Apalagi, relokasi tempat tinggal dijanjikan Pemkab Garut masih belum jelas juga.

“Masyarakat pengungsi sudah jenuh di huntara terus. Nasibnya terkatung-katung. Karena soal relokasi juga masih belum jelas,” ujarnya.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Djakaria katakan sementara ini tak ada laporan tentang adanya kerusakan akibat gempa berpusat di Sukabumi itu.

“Sementara ini tak ada (kerusakan, Red.). Aman,” katanya.

Namun dia tak berkomentar ketika disinggung sebelumnya mengenai rencana relokasi tempat tinggal warga pengungsi korban dampak bencana pergerakan tanah di Desa Sindangsari ini.

Dia hanya menyebutkan pihaknya juga terus memerhatikan perkembangan dan kebutuhan logistik mereka selama di hunian sementara, katanya pula.

Berdasar informasi bersumber BMKG, gempa bumi pada sore tersebut berpusat pada koordinat 7.64′ Lintang Selatan 106.90′ Bujur Timur, di 79 km barat daya Kota Sukabumi berkedalaman episentrum gempa 25 km.

***********

(NZ, Jdh).