Gebyar Germas HKN Garut Diapresiasi Pimpinan DPD RI

0
80 views
Gebyar Senam “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas) Tingkat Kabupaten Garut 2018.

“Germas efektif wujudkan kesehatan, daripada minum obat kuat”

Gebyar Senam “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas) Tingkat Kabupaten Garut 2018.

Garut News ( Ahad, 18/11 – 2018 ).

Penyelenggaraan Gebyar “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas) Tingkat Kabupaten Garut 2018 dalam rangkaian Peringatan ke-54 “Hari Kesehatan Nasional” (HKN), diapresiasi sangat positip Wakil Ketua “Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia” (DPD RI), Letjen Purn. TNI, Dr Nono Sampono, M.Si.

“Kegiatan ini bisa dijadikan solusi penanggulangan 81 persen penduduk Indonesia memiliki masalah kesehatan,” tandasnya ketika didesak pertanyaan Garut News terkait pelaksanaan Senam Germas, Makan Buah Sayur, dan Cek Kesehatan Rutin di Lapangan Otista Alun Alun Garut, Ahad (18/11 – 2018 ).

Wakil Ketua DPD RI dan Wabup Garut Ikut Serta Senam Bersama.

Ketua “Senam Tera Indonesia” (STI) tersebut, juga antara lain katakan berolahraga senam secara teratur dengan diimbangi asupan konsumsi buah, sayur, serta senantiaa memeriksakan kesehatan dipastikan bisa menikmati usia dengan sehat.

Dengan berbasiskan empat Pilar Kebangsaan terdiri Pilar Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Pilar Bhinneka Tunggal Ika, imbuh Nono Sampono.

Helmi Budiman Antara Lain Disaksikan Eddy Kusmayadi, dan Eulis Dahniar, Berdialog Dengan Anak – Anak Peserta Senam.

“Gebyar Senam Germas, Makan Buah Sayur, dan Cek Kesehatan Rutin, paling efektif wujudkan kesehatan, daripada minum obat kuat,” ungkapnya menambahkan, dengan nada sarat canda, he.. he.

Sedangkan Wakil Bupati setempat dr H. Helmi Budiman kepada Garut News mengemukakan pula, selain Gebyar Senam Germas, Makan Buah Sayur, dan Cek Kesehatan Rutin, juga diperlukan kepribadian yang selalu berprasangka baik.

Meneladani Konsumsi Buah, dan Sayur.

Kemudian berorientasi sekaligus senantiasa mengaplikasikan “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS), di antaranya ‘jangan merokok’.

Diingatkan Helmi Budiman, permasalahan kesehatan yang kini mendapatkan atensi di kabupatennya, berupa upaya nyata penanggulangan maupun pencegahan stunting.

Mengadvokasi Manfaat Buah dan Sayur, Sekaligus Membagikannya.

Sehingga kini terbentuk “Satuan Tugas” (Satgas) yang melibatkan seluruh pemangku kebijakan termasuk institusi teknis terkait, juga peran serta pelbagai lapisan dan elemen masyarakat, ungkap Helmi Budiman.

Dua Penduduk Garut Rutin Memeriksakan Kesehatannya.

Pemkab setempat pun, tegas dia segera mewajibkan kepada para pegawai agar dua kali dalam sepekan melaksanakan senam, termasuk senam tera.

Penyajian Buah – Buahan.

Wakil Ketua Penyelenggara HKN 2018 Tingkat Kabupaten Garut, dr H. Eddy Kusmayadi menyatakan melalui tema “Aku Cinta Sehat” dan Subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Kita harus senantiasa mengajak masyarakat untuk hidup sehat, dimulai dari hal kecil tetapi berdampak besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan.

Pemeriksaan Kesehatan Anak.

Kita sadari, pelaksanaan (Germas) harus diwujudkan bersama – sama seluruh elemen masyarakat melalui kegiatan nyata.

Pemberian Bantuan Pohon.

Maka melalui pembiasaan diri berperilaku hidup bersih dan sehat, dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit dalam sehari, pembiasaan makan buah dan sayur setiap hari, serta melakukan cek kesehatan secara rutin.

Pembagian Doorprize.

****************************************************************

“Diharapkan masyarakat dapat menjaga kesehatan dirinya, dan mampu meningkatkan derajat kesehatannya secara mandiri,” ujar Eddy Kusmayadi.

Nono Sampono.

Dikatakan, rangkaian helatan ini pun bertujuan melakukan edukasi kesehatan untuk menanamkan PHBS, dengan harapan bisa menjadi kebiasaan positip yang terus – menerus dilakukan, dan dikembangkan.

Eddy Kusmayadi.

Kemudian meningkatkan komitmen, baik lintas program maupun lintas sektor, dan masyarakat secara umum dalam upaya peningkatan, dan pengembangan PHBS.

Ny. Helmi Budiman.

Sehingga sasarannya, masyarakat umum yang didukung lintas sektor maupun lintas program, bertarget seribu peserta.

Berdialog Dengan Pesenam Lanjut Usia.

Bersamaan rangkaian helatan tersebut, sekaligus digelar pula rangkaian peringatan ke-33 STI, antara lain menyerahkan bantuan 8.000 pohon untuk ditanam di kaki Gunung Cikuray Bayongbong, serta pada sepanjang bantaran Sungai Cimanuk.

Tinjau Ragam Piranti Pemeriksaan Kesehatan.

********

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here