Gas LPG Tiga Kilogram Capai Rp35 Ribu

0
22 views

Garut news ( Jum’at, 11/09 – 2015 ).

Jenis Komoditi Ini Kian Langka Diminati. (Foto: John Doddy Hidayat).
Jenis Komoditi Ini Kian Langka Diminati. (Foto: John Doddy Hidayat).

Komoditi gas LPG kapasitas tabung tiga kilogram kini harganya kian “mengudara”. Pada wilayah Perkotaan Garut, bertengger pada harga mencapai Rp25.000 per tabung, Bahkan di wilayah selatan “menggila” menjadi Rp35.000 per tabung.

Ironis, Tim Koordinasi Pengawasan dan Pengendalian LPG Bersubsidi Pemkab setempat dinilai sangat lamban menyikapi. Hingga kini, tim diketuai Asisten Perekonomian tersebut hanya baru melakukan pendataan mengenai jumlah, dan penyebaran para agen/pangkalan. Padahal tim tersebut dibentuk sejak Oktober 2014 lalu.

Kendati belum terjadi kelangkaan, pengurangan pengiriman stok gas LPG bersubsidi itu ke pengecer pada sejumlah tempat terjadi.

Menanggapi mahalnya mata dagangan ini, Kepala Bagian Perekonomian Setda RM Aliyudin membantah keras timnya lepas tangan atas persoalan tersebut.

“Kami turun ke lapangan, dan saat ini baru mendata agen mendistribusikan hingga ke tingkat pengecer. Memang belum selesai semua, karena jumlahnya banyak dan tersebar. Sedangkan pengawasan tentunya harus koordinasi dengan ketua tim, dan pelaksanaan pun tentunya oleh dinas teknis dalam tim,” kata dia juga anggota tim koordinasi, Kamis (10/09-2015).

Dia menduga kenaikan harga gas di luar ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) tersebut terjadi di tingkat pengecer ke konsumen, bukan di tingkat agen/pangkalan. Namun mengaku tak mengetahui apakah itu berhubungan terbatasnya kuota gas diberikan pusat ke Garut dibandingkan kebutuhan.

Dikemukakan, kuota gas melon Kabupaten Garut baru sekitar 15 juta tabung per tahun. Padahal membutuhkan sedikitnya 25 juta tabung gas melon per tahun.

Disinggung sanksi jika ditemukan agen memainkan harga, dia belum melakukannya. Sanksi mesti dilakukan tim, katanya berkilah.

***

Noel, Jdh.