Garut Miliki 145 Penyembelih Hewan Bersertivikasi MUI

0
42 views

Garut News ( Senin, 30/03 – 2015 ).

R.M Iman Budiman.
R.M Iman Budiman.

Kabupaten Garut, Jawa Barat, hingga kini memiliki 145 penyembelih hewan bersertivikasi “Majelis Ulama Indonesia” (MUI) kabupaten setempat.

Mereka sebelumnya mendapatkan pelatihan “Juru Sembelih Halal”.

Sehingga selain mendapatkan sertivikasi dari MUI, juga dipastikan pengetahuan serta keterampilannya pun mengalami peningkatan, ungkap Kepala Bidang “Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner” (Keswan-Kesmavet) pada Disnakanla kabupaten setempat, R.M Budiman, M.Si didampingi Kepala Seksi Kesmavet, Elit Maryonah, S.Pt.

Elit. M
Elit. M

Kepada Garut News, Senin (30/03-2015), mengemukakan pelatihan juru sembelih halal tersebut, diselenggarakan sejak angkatan pertama pada 2012 dengan 20 peserta penyembelih berasal dari “Rumah Pemotongan Hewan” (RPH).

Mereka mendapatkan materi pelatihan antara lain dari pusat, provinsi, MUI serta Disnakanla Garut.

Disusul angkatan kedua (2013) dengan 50 peserta dari kalangan DKM guna memenuhi kebutuhan penyembelihan hewan kurban, kemudian angkatan ketiga (2014) juga dengan 50 peserta dari RPH serta DKM.

Sedangkan penyelenggaraan pelatihan angkatan keempat (2015), berlangsung di Aula MUI dengan 25 peserta dari RPH,“Rumah Pemotongan Umum” (RPU), serta DKM.

Peserta Pelatihan.
Peserta Pelatihan.

Selama dua hari (30-31/03-2015), antara lain disajikan materi kebijakan Kesmavet dipresentasikan R.M Budiman (Disnakanla), juga dipaparkan materi mengenai ” Hygiene Sanitasi” dari Dinkes Garut.

Elit Maryonah mengemukakan pula, setiap angkatan pelatihan ini masing-masing berlangsung selama dua hari, selama ini pun setiap tahunnya, berlangsung satu angkatan pelatihan juru sembelih hewan, ungkapnya.

Diharapkan setiap juru sembelih yang telah mendapatkan pelatihan, bisa menerapkan keterampilan dan pengetahuannya pada rekan mereka yang masih belum berkesempatan mengikuti pelatihan itu, imbuh Elit Maryonah, menyerukan.

*******

Esay/ Foto : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here