Garut Kerap Banjir Lantaran Alih Fungsi Lahan

0
53 views
Zona Bahaya Banjir.

Garut News ( Selasa, 03/04 – 2018 ).

Zona Bahaya Banjir.

Ada sedikitnya sembilan rumah penduduk Desa Mekarjaya Cikajang Garut, Jawa Barat, menjadi tergenang banjir luapan Sungai Cibarengkok lantaran hujan deras di kawasan Selatan Garut, Selasa (03/04-2018) sekitar pukul 13.30 WIB.

Tidak ada laporan korban maupun kerusakan bangunan akibat peristiwa tersebut.

“Ketinggian air merendam rumah warga itu sekitar 30 centimeter. Hingga sekitar pukul 15.30 WIB, kondisi air belum juga surut,” ungkap staf lapangan BPBD kabupaten setempat Imat Ruhimat.

Bencana banjir melanda Desa Mekarjaya akibat meluapnya Sungai Cibarengkok yang merupakan alur sungai pada lintasan hulu “Daerah Alirah Sungai” (DAS) ini bukan kali pertama terjadi, melainkan kesekian kalinya sejak beberapa tahun terakhir. Nyaris setiap tahun terjadi banjir.

Beberapa kali bahkan banjir tak hanya melanda Desa Mekarjaya melainkan pula desa tetangga juga seperti Desa Girijaya, dan Desa Tanjungjaya. Tak berselang lama paskabanjir bandang Sungai Cimanuk September 2016, banjir pun merendam sekitar 103 unit rumah warga Desa Mekarjaya.

Sejumlah kalangan menduga, banjir melanda permukiman warga akibat meluapnya aliran sungai Cibarengkok itu bukan semata karena tingginya curah hujan melainkan juga terindikasi karena rusaknya lingkungan di kawasan hulu DAS utama Cimanuk di Wilayah Cikajang tersebut.

“Hulu DAS Utama Cimanuk di wilayah Cikakang dan sekitarnya juga memunyai debit air tinggi karena adanya alih fungsi lahan tanaman tegakan berbasis konservasi, dan perkebunan teh menjadi lahan pertanian holtikultura,” ujar Pemerhati Lingkungan juga Dewan Penasehat Presidium Garut Selatan Suryaman AS sebelumnya.

*******

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat