Garut Efektifkan 22 Check Point MUI Tebar Surat Edaran

0
109 views
H. Muksin M.Si.
KH. Sirojul Munir.

“Garut Menembus Angka 3.298 Kasus”

Garut News ( Sabtu, 09/05 – 2020 ).

Foto berita Garut News akhir pekan ini, Sabtu (09/05-2020), memotret perkembangan kasus Covid-19 di kabupaten setempat hingga Sabtu Pukul 17.00 WIB. Pemkab kian mengupayakan kegiatan preventif dan deteksi dini penanggulangan coronavirus disease kepada masyarakat.

“Dengan mengefektifkan kegiatan pada 22 titik check point berupa pemeriksaan kesehatan bagi para pelaku perjalanan,” ungkap Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, H. Muksin M.Si juga Kepala ‘Dinas Komunikasi dan Informatika’ (Diskominfo).

Kondisi Pusat Perbelanjaan Garut (Pengkolan), Sabtu (09/05-2020).

Sedangkan totalitas terkait wabah pandemi Covid 19 (OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi +) hingga sekarang menembus angka 3.298 kasus, terdiri 744 OTG : 744 (337 masih dalam tahap observasi, dan 407 selesai masa observasi tanpa ada kasus kematian).

Kemudian ODP 2.487 kasus (77 kasus masih pemantauan, 15 dalam perawatan, dan 2.395 selesai pemantauan, 13 di antaranya meninggal).

Pertokoan dan PKL Masih Kerap Disesaki Para Pengunjung.

PDP : 56 kasus (lima kasus sedang dalam perawatan dan 51 kasus selesai pengawasan, 13 di antaranya meninggal).

Konfirmasi + : 11 kasus meliputi delapan dalam perawatan di rumah sakit, satu kasus isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium, satu kasus dinyatakan sembuh, dan 1 kasus meninggal, ungkapnya pula.

“MUI Tebar Surat Edaran”

Dijadikan Areal ‘Ngetem’ Angkutan Kota.

Dalam pada itu ‘Majelis Ulama Indonesia’ (MUI) Kabupaten Garut menebar Surat Edaran Nomor. 4/2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadinya Wabah Covid-19.

Pada Surat Edaran Tertanggal 8 Mei 2020 masing-masing dicap dan ditandatangani Ketua Umum KH. Sirojul Munir beserta Sekretaris M. Yusuf Sapari, M.MPD tersebut, berdasar tiga pertimbangan.

Sejak 23 April 2020 Terminal Tipe A Guntur Melati Garut Sunyi Sepi Tanpa Kehadiran Bis AKDP, dan AKAP.

Antara lain Fatwa MUI Nomor. 14/2020 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadinya Wabah Covid-19.

Tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadinya Wabah Covid-19, bagi wilayah yang ditetapkan berdasar Keputusan Bupati Nomor. 443/Kep.406-Kesra/2020 Tentang Penetapan Jangka Waktu dan Wilayah Pelaksanaan PSBB.

Sangat Lengang.

Maka penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadinya wabah Covid-19 berlaku ketentuan yang diatur dalam Perbub Nomor. 22/2020 Tentang Pelaksanaan PSBB dalam penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) psl. 17, dan psl. 18.

Sedangkan bagi wilayah yang tidak masuk dalam Keputusan Bupati Nomor. 443/Kep. 406-Kesra/2020, dan juga yang masuk ke dalam Keputusan Bupati tersebut tetap berlaku ketentuan protokol.

Sukseskan PSBB.

a. Masjid atau tempat harus steril/higienis, dengan penyemprotan disinfektan, b. Periksa suhu seluruh jama’ah sebelum masuk Masjid, c. Jaga jarak satu meter antar jama’ah, d. Apabila sudah melebihi kapasitas ruangan Masjid tutup pintu Masjid.

e. Tidak memakai karpet Masjid tetapi membawa sajadah masing-masing, f. Seluruh jama’ah memaskai masker, g. Seluruh jama’ah sebelum masuk Masjid harus mencuci tangan menggunakan sabun.

h. Seluruh jama’ah bersalaman cukup dengan jarak jauh, serta i. Orang yang terindikasi ODP, PDP, dan OTG tidak diperbolehkan masuk Masjid.

Masih Acap Didatangi Banyak Konsumen.

Seluruh Masjid di wilayah yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Bupati Nomor. 443/ Kep.406-Kesra/2020 tetap harus ada petugas (marbot, muadzin dan imam) paling banyak lima orang, dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Penutup, 1. Seluruh kaum muslimin wajib turut serta dalam menghentikan dan/atau memutus penularan dan/atau penyebaran Covid-19.

Masjid Agung Garut pun Sangat Lengang.

2. Seluruh kaum muslimin berkewajiban menyosialisasikan dan/atau mengkoordinasikan  tentang bahaya dan/atau madorotnya dari Covid-19.

3. Seluruh kaum muslimin harus meyakini bahwa turut serta dalam menghentikan dan/atau memutus penularan dan/atau penyebaran Covid-19 adalah merupakan bagian dari ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, dan Rasulullah SAW.

Rindukan Kembali Bisa Shalat Berjamaah.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here