Garut Di Musim Kemarau Rawan Terjadi Kebakaran

0
86 views
Kobaran Api.

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Jum’at, 15/09 – 2017 ).

Kobaran Api.
Kasus kebakaran juga meranggas gudang sembako di Kampung Lembur Panjang RT 01/01 Desa Cimaragas Kecamatan Pangatikan Garut, Jawa Barat, sekitar pukul 14.00 WIB pada Kamis (14/9/17).

Kobaran api menghanguskan gudang seluas 66 m2 milik Usep (37) itu, bersumber dari percikan api pembakaran sampah di seputar lokasi. Akibat tiupan angin cukup kencang menjadikan percikan api sangat cepat menyambar bangunan gudang, kemudian meluluhlantakkannya hingga rata dengan tanah.

Api bisa dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB, berkat kesigapan warga dan aparatur setempat yang berupaya melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Kemudian tiba dua unit pemadam kebakaran dengan 15 personil ke lokasi kebakaran.

“Tak ada korban jiwa. Sedangkan nilai kerugian materialnya masih dalam penghitungan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Dadi Djakaria.

Sehari sebelumnya, Rabu (13/9/17), sekitar pukul 22.20 WIB, sebanyak tiga unit bangunan rumah penduduk di Kampung Cikondang RT 01/09 Desa Tanjung Kamuning Kecamatan Tarogong Kaler pun hangus terbakar. Ketiga rumah masing-masing milik Wiah, Abdul, dan Solihin.

Satu di antara rumah terbakar itu berupa rumah permanen, dan dua rumah lainnya semi permanen.

Api diduga berasal tungku di rumah Solihin yang lupa dimatikan. Api dengan cepat menjalar menghanguskan dua rumah lainnya berdekatan.

“Api sulit dikendalikan karena angin bertiup cukup kencang,” ujarnya.
Dia menyebutkan, api bisa dikendalikan sekitar pukul 23.00 WIB.

“Tak ada korban jiwa. Nilai kerugian material belum diketahui, dan masih dalam penghitungan,”

Banyaknya kasus kebakaran di Garut dalam beberapa hari terakhir, dia mengingatkan masyarakat agar selalu waspada, dan berhati-hati dalam menggunakan energy listrik khususnya berkaitan pemasangan instalasi listrik maupun dalam menyalakan perapian, atau bakar-bakar sampah. Terlebih di musim kemarau seperti sekarang ini dinilai rawan terjadi kebakaran, imbuhnya.

*********
(NZ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here