Garut Antisipasi Penyebaran Wabah Corona

0
11 views
Diperlukan Pula Peningkatan Kualitas Kesadaran Transedental (Keimanan, dan Ketauhidan).
Ricky R. Darajat, SH.

“Merepotkan Banyak Orang, Tanpa Corona pun Hidup Sudah Susah”

Garut News ( Senin, 16/03 – 2020 ).

Hingga dua pekan ke depan, Pemkab Garut menunda bahkan membatalkan  agenda kegiatannya sebagai upaya antisipasi maupun penanganan penyebaran wabah virus corona.

Demikian berdasar hasil rapat koordinasi membahas langkah Pemkab berkaitan penanganan Covid-19. Bupati Rudy Gunawan memimpin langsung rapat itu di rumah dinasnya di Garut Kota, Ahad (15/03-2020).

Pembatalan sejumlah agenda itu, juga di antaranya meliburkan kegiatan belajar-mengajar di kelas, dan melarang kegiatan melibatkan massa.

Juru Bicara Tim Penanganan Infeksi Emerging Covid-19 kabupaten setempat Ricky R. Darajat, SH katakan, ada beberapa poin penting hasil rapat koordinasi pimpinan tersebut.

Antara lain, seluruh pelayanan publik beroperasi seperti biasa dengan tetap memerhatikan upaya-upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease-19; seluruh PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/ MTs dan SMA/MA untuk meliburkan siswa dan mengganti dengan kegiatan belajar mandiri di rumah 16-28 Maret.

Serta menunda pelaksanaan kegiatan outing class/study tour; dan meniadakan sementara kegiatan apel gabungan dan rapat-rapat yang mengumpulkan massa banyak, termasuk didalamnya pelaksanaan audiensi.

Selain itu, kata Ricky, seluruh perangkat daerah agar menunda kegiatan kunjungan kerja dan penerimaan kunjungan kerja; menghentikan sementara rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-207Garut; meninjau kembali penyelenggaraan kegiatan berdampak dari pengumpulan massa dalam jumlah besar.

Termasuk meninjau kembali perizinan yang sudah diterbitkan, dan tidak mengeluarkan perizinan baru; serta menghentikan sementara kegiatan car free day.

“Area publik milik Pemkab juga ditutup sementara, seperti Gedung Pendopo, Alun-alun Garut, Islamic Center, Gedung Pertemuan Bale Paminton, Gedung Pertemuan Lasminingrat, Museum RAA Adiwijaya, Sarana Olahraga Kerkof, dan Sarana Olah Raga Ciateul. Kegiatan pelayanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Pembinaan Terpadu dihentikan pula sementara. Sedangkan untuk pelayanan imunisasi dan pemeriksaan ibu hamil, dilaksanakan di Puskesmas,” ungkap Ricky juga Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada Dikominfo Garut.

Dikemukakan, hasil rapat pun membuahkan kesepakatan untuk dilakukan pemantauan pelaksanaan kelancaran lalu lintas perekonomian di wilayah kabupaten agar tak terjadi kelangkaan barang akibat pembelian berlebihan atau upaya penimbunan oleh pihak-pihak tertentu, katanya.

*******

Abisyamil, JDH/ Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here