Garut Amazing RGHB Manfaatkan Dana Rp271 Miliar

0
124 views
Ilustrasi. Rudy - Helmi.

Garut News ( Rabu, 28/02 – 2018 ).

Ilustrasi. Rudy – Helmi.

Penguatan dan pemantapan kualitas program ‘Garut Amazing’ yang digelindingkan ‘Rudy Gunawan dan Helmi Budiman’ (RGHB) tahun ini, antara lain dengan memaksimalkan pemanfaatan alokasi dana Rp271 miliar. 

Masing – masing bersumber APBD 2018 bernilai Rp233 miliar, ‘Dana Alokasi Khusus’ (DAK) Rp26 miliar, serta dana lainnya Rp12 miliar, yang segera diwujudkan pada 73 kegiatan dengan 695 paket pekerjaan, ungkap dr H. Helmi Budiman di sela jeda kesibukan cuti kampanyenya di Zona 4, Rabu (28/02-2018).

Jujun Juansyah Nurhakim.

Sebagai upaya bisa segera memenuhi harapan masyarakat termasuk para pengguna jasa jalan mendapatkan solusi efektif mengurai kemacetan arus lalu lintas dari dan ke Kabupaten Garut.

Sekaligus terdongkraknya perekonomian masyarakat melalui pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, serta terwujudnya kenyamanan seluruh kalangan, ungkapnya ketika didesak pertanyaan Garut News.

Ditemui terpisah Plt. Sekretaris Dinas “Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat” (PUPR) kabupaten setempat, Jujun Juansyah Nurhakim, ST, MT di ruang kerjanya katakan, tahun anggaran 2018 ini, ‘memang paling memprioritaskan Program Amazing Garut’.

Lintasi jalan Poros jalan Desa yang Mulus.

Di antaranya pembangunan jalan Lingkar Cipanas sepanjang 3 km selebar 14 meter berkonstruksi pembentukan badan jalan dengan alokasi dana APBD bernilai Rp4,8 miliar.

Kemudian lintasan jalan By Pass Kubang sepanjang 500 meter antara Maleer – Copong berkonstruksi pembentukan badan jalan dengan dana APBD bernilai Rp973 juta.

Selanjutnya pembangunan jalan alternatif Kadungora pada KM 6,5 hingga KM 9,2 sejauh 2,7 kilometer berkonstruksi pembangunan badan jalan dengan dana APBD bernilai Rp5,8 miliar.

Mengemas Rancangan Program Lanjutan.

Kemudian masih di Kadungora pada 0 – 6,5 kilometer berkonstruksi pembangunan badan jalan dan penetrasi dengan APBD bernilai Rp8,4 miliar.

Disusul pembangunan Jalan Cangkuang – Leles berkonstruksi lapisan penetrasi beserta pembangunan pelengkapnya dengan dana Banprov bernilai Rp2 miliar.

Digarap pula pembangunan flyover Kadungora – Leles dengan panjang bentangan 40 meter berketinggian 8 meter berkonstruksi komposit baja beton dilengkapi lebih 10 tiang pancang masing – masing bergaris tengah 30 centimeter berkedalaman 6 meter dengan dana APBD bernilai Rp9,5 miliar.

Diselenggarakan juga pembangunan jembatan Cikembulan sepanjang 25 meter berketinggian 6 meter dengan konstruksi beton prestess dibiayai APBD bernilai Rp2 miliar.

Peningkatan Jalan Limbangan – Margamukti sejauh 4 km berkonstruksi beton redimix dengan DAK bernilai Rp6,3 miliar.

Serta peningkatan ruas jalan Bantar Peundeuy – Cilaut Cisompet sejauh 5,4 kilometer dengan DAK bernilai Rp9,5 miliar berkonstruksi beton redimix.

Masih menurut Jujun Juansyah Nurhakim, kegiatan bersumber DAK sudah sedang berjalan, sedangkan yang bersumber dana lainnya pengumuman lelangnya hari ini, ungkapnya.

Sehingga seluruh kegiatan bisa berjalan mulai pertengahan Maret mendatang, sedangkan kegiatan bernilai di bawah Rp200 juta berupa hibah ke desa masih menunggu proses penyelesaian administrasi hibah termasuk kelengakapan profosal.

Mengenai perencanaan program pembangunan 2019 mendatang tetap mengacu pada RPJMD Kabupaten Garut, ungkap Jujun Juansyah Nurhakim yang juga Kepala Bidang Bina Program pada Dinas PUPR.

Dia menambahkan pada tahun anggaran 2018, idealnya alokasi pendanaan kegiatan lingkup Dinas PUPR mencapai 20 persen, namun hanya dialokasikan di bawah 10 persen, namun demikian Program Amazing juga berlangsung pada seluruh tujuh SOPD.

Garut Amazing juga indikatornya bukan hanya dengan alokasi dana yang sangat besar, melainkan antara lain berupa kegiatan inovasi yang bernilai menakjubkan maupun luar biasa, ungkap Jujun Juansyah Nurhakim pula.

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here