Inilah, Formula Wujudkan ‘Germas’

by
Bahaya Merokok, Serta Implikasi Lainnya.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 01/08 – 2017 ).

Bahaya Merokok, Serta Implikasi Lainnya.
Bahaya Merokok, Serta Implikasi Lainnya.

Terdapat sedikitnya enam upaya yang bisa dijadikan formula guna mewujudkan “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (Germas), terdiri melalui peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi. 

Kemudian peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, serta peningkatan edukasi hidup sehat.

Penyerahan KIS.
Penyerahan KIS.

Sehingga pada sosialisasi Germas tersebut, Bupati Garut Rudy Gunawan juga mengingatkan, sangat pentingnya mengedepankan preventif dan promotif kesehatan, lantaran mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit, imbuhnya di gedung pendopo kabupaten setempat, Selasa (01/08-2017).

Dikatakan, meski kini dari 420 desa/kelurahan di kabupatennya ada 150 desa di antaranya ODF, namun cakupannya yang disyaratkannya 70 persen.

Sehingga guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, antara lain bakal diselenggarakannya mutasi pejabat di lingkungan Dinas Kesehatan kabupaten setempat, termasuk juga mutasi camat pada sebulan ke depan, katanya.

Penandatanganan Komitmen Bersama.
Penandatanganan Komitmen Bersama.

Lantaran kini terdapat 14 camat yang harus segera dilakukan evaluasi kualitas kinerjanya, termasuk mengevaluasi dokter yang sering meninggalkan Puskesmas di wilayah Selatan Garut, ungkapnya pula antara lain.

Rangkaian sosialisasi yang diikuti sekitar 320 peserta itu, menghadirkan nara sumber Kepala Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan pada Balitbangkes Kemenkes RI, Nana Mulyana, serta nara sumber Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Provinsi Jawa Barat.

Sekaligus juga dicanangkan dimulainya kegiatan kampanye imunisasi campak rubela di Kabupaten Garut 2017, serta penyerahan “Kartu Indonesia Sehat” (KIS) secara simbolik kepada sepuluh camat.

 

*********