Fair Bursa Kerja SMKN 1 Garut Diserbu Ribuan Pencari Kerja

0
15 views
Drs H. Atep Sujana, M.Mpd.
Sebagian Pencari Kerja Sabar Menunggu Dibukanya Anjungan Perusahaan, Maupun Penyedia Tenaga Kerja.

Garut News ( Selasa, 29/10 – 2019 ).

Wakil Kepala SMKN 1 Garut, Drs H. Atep Sujana, M.Mpd juga Ketua  Penyelenggara Fair Bursa Kerja SMKN 1 Garut katakan, sedikitnya 1.500 pencari kerja berusia produktif mendatangi helatan tersebut.

“Serbuan mereka selama dua hari itu, mendatangi anjungan 26 perusahaan yang menyediakan total peluang bagi 1.800 an pencari kerja,” ungkapnya kepada Garut News, Selasa (29/10-2019).

Murid SMKN 1 Garut Berkreatif Memasarkan Produk Makanan, dan Minuman Ringan.

Terdapat pula perusahaan maupun dunia usaha yang memberikan peluang bagi 400 an pencari kerja, yang berminat bekerja ke luar negeri.

Sedangkan bisa lancarnya kehadiran 26 perusahaan pada Fair Bursa Kerja SMKN 1 Garut 2019 ini, berkat bantuan rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja kabupaten  setempat.

Sehingga ke depan juga dapat lebih memerlancar kehadiran dunia usaha yang semula sulit dihubungi, agar senantiasa ikut serta dalam Fair Bursa Kerja SMKN 1 Garut, imbuh  Atep Sujana.

Atep Sujana juga mengharapkan Dinas Tenaga Kerja membantu peningkatkan ‘Upah Minimum Kabupaten’ (UMK) di Kabupaten Garut, supaya minimalnya bisa diatas nilai kebutuhan minimum kabupaten setempat, imbuhnya pula.

Selain itu, bisa mengajak dunia usaha agar lebih mengutamakan penerimaan tenaga kerja laki-laki, sebagai tulang punggung keluarga di rumah.

Sebelumnya Sekretaris II MKKS SMK Cabang Dinas Wilayah XI Kabupaten Garut, Asep Taryudin, S.Pd, M.Pd menilai Fair Bursa Kerja SMKN sangat luar biasa, lantaran bisa memfasitasi maupun memertemukan para pencari kerja dengan dunia usaha, dan industri.

Job Fair SMKN 1 Garut.

Lantaran bisa memudahkan mereka saling berinteraksi yang lebih baik, sebagai  salah  satu solusi terpenuhinya penyaluran serta penyerapan tenaga kerja produktif sesuai kebutuhan yang diperlukan pada perusahaan-perusahaan mapan, tandasnya kepada Garut News, Senin (28/10-2019).

Asep Taryudin, S.Pd, M.Pd yang juga Kepala SMK Mandiri Kadungora Garut katakan, para lulusan lembaga pendidikan kejuruannya pun selama ini senantiasa mendapatkan pembekalan pembinaan karakter juga performance berketerampilan mumpuni.

Dinilai Sangat Luar Biasa.

Dikemukakan pula, pada momentum peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019, adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Kepala SMKN 1 Garut Drs H. Dadang Johar Arifin, MM antara lain katakan Job Fair Bursa Kerja SMKN 1 Garut berlangsung dua hari 28-29 Oktober 2019 di Kampus SMKN 1 Garut dengan menghadirkan sedikitnya 26 perusahaan, yang bisa menyerap lebih 1.800 calon tenaga kerja.

Rangkaian helatan ini juga merupakan jawaban  bahwa para luluan SMK bukanlah sebagai penyumbang tingginya angka pengangguran, imbuh Dadang Johar Arifin.

******

Eay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here