Ekspor Perdana Kopi Garut Belum Diketahui Nilainya

0
9 views
Ilustrasi.

Garut News ( Senin, 09/07 – 2018 ).

Ilustrasi.

Wakil Bupati dr H. Helmi Budiman katakan, selama ini menunggu realisasi ekspor kopi Garut. Namun hari ini terlaksana eskpor perdana yang dinilainya prestasi pada awal kebangkitan petani kopi di Garut.

“Sehingga ekspor tersebut, merupakan awal kebangkitan petani kopi Garut,” ungkapnya ketika mengawali ekspor perdana 15 ton kopi jenis Arabika tujuan Tawian, Senin ( 09/07 – 2018 ). Namun masih belum diketahui kadar air, dan nilai ekspornya.

Maka diharapkan, Direktorat Pengolahan Hasil Pertanian pada Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI bisa memberikan insentif kepada para petani kopi Garut, yang bersumber dari hasil pajak.

“Guna menyemangati Seluruh petani kopi agar lebih maju dan berkembang, sehingga kopi Garut lebih terkenal di mancanegara,” imbuh Helmi Budiman.

Importir kopi, Mr chachilin antara lain menyatakan, Kualitas Kopi Garut tak kalah dibanding Kopi Sumatera, baik rasa maupun wanginya.

Dia juga berharap Orang Taiwan menyukai Kopi Garut, sehingga kegiatan ekpor bisa lebih banyak, dan berkelanjutan, imbuhnya pula.

Realisasi ekspor ini, dari “Kelompok Tani Kopi Asli Urang Garut” (Kasuga) di Desa Ciela Bayongbong Garut, Jawa Barat.

Direktur Pengolahan Hasil Pertanian pada Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Dedi Junaedi mengemukakan, kopi Garut jenis Arabika ini juga ada permintaan ekspor lagi dari Ukraina.

“Kebijakan Menteri Pertanian tahun lalu, Garut mendapat alokasi terbesar mengembangkan kopi,” ungkapnya.

“Mengembangkan produksinya akan kami kaji lebih lanjut dengan provinsi, sebab dana APBN sangatlah terbatas,” katanya.

*******

Pelbagai Sumber/Fotografer : John Doddy Hidayat.