Eddy Muharam Gagas Pendirian “Bank” Pangan Garut

0
58 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 04/11 – 2015 ).

Berbagi Makanan.
Peduli Berbagi Makanan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Garut Ir H. Eddy Muharam, M.Si menggagas pendirian “bank” pangan di kabupaten setempat.

Gagasan orsinil yang dikemukakan kepada Garut News tersebut, katanya bukan gudang pangan.

Melainkan lebih memprioritaskan pada pengelolaan managemen pengumpulan pangan, serta penyalurannya pada penduduk miskin, yang dinilai sangat mendesak segera membutuhkan bantuan pangan.

Eddy Muharam.
Eddy Muharam.

Di ruang kerjanya, Rabu (04/11-2015) sore, mantan Kadishut serta Asisten Sekda itu katakan, pengumpulan ragam jenis pangan, antara lain bersumber dari para donatur terkemuka dimana pun dan kapanpun juga.

Kemudian proses penyalurannya, di antaranya berdasar data base masyarakat miskin mendesak segera membutuhkannya, termasuk penduduk miskin di kawasan Perkotaan Garut.

Bahkan membantu pangan bagi para korban bencana, yang mendesak pula segera memerlukan, katanya.

Teknik beramal bisa spontanitas itu, bakal dituangkan pada konsepsi detail kemudian secepatnya dijadikan bahan laporan pada pimpinan, dalam hal ini bupati beserta unsur pimpinan lainnya, sebelum bisa diimplementasikan.

Ragam Jenis Pangan.
Ragam Jenis Pangan.

Sebagai upaya menambah sekaligus melengkapi kelembagaan pangan tersedia selama ini, seperti lumbung pangan masyarakat, sebagai sentra pangan dipusatkan pada komplek perkantoran Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Garut, katanya pula.

Dijelaskan Eddy Muharam, seluruh rangkaian proses pengumpulan, penyimpanan, pengemasan, pengawetan, serta penyaluran ragam jenis pangan ini, dipastikan dilengkapi sistem administrasi, yang bisa diaudit setiap saat, katanya pula.

Didesak pertanyaan Garut News, mengenai target waktu mulai dilaksanakannya pendirian bank pangan tersebut? Eddy Muharam juga katakan tergantung persetujuan bupati setempat.

********