Dugaan Korupsi Disdik Garut Disidangkan Hari Ini

0
126 views

Ilustrasi Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 16/12 – 2015 ).

Gedung Pengadilan Tipikor Bandung.
Gedung Pengadilan Tipikor Bandung.

Diagendakan hari ini, Rabu (16/12-2015) mantan Kepala Disdik Kabupaten Garut berinisial KM bakal dihadirkan pada sidang perdananya di Pengadilan Tipikor Bandung.

Dia menjadi terdakwa pada skandal dugaan korupsi pengadaan buku di lingkungan Disdik kabupaten setempat bersumberkan “dana alokasi khusus” (DAK) tahun anggaran (TA) 2010.

Selain KM juga mantan Ketua DPC Partai Nasdem Garut dan Ketua Dewan Pendidikan Garut itu, disidangkan pula terdakwa lain BS selaku rekanan sebagai Direktur CV Tenjolaya Cipta Pratama yang kini masih tercatat sebagai anggota DPRD Garut.

“KM dan BS rencananya disidangkan di Pengadilan Tipikor Bandung,” ungkap pengacara KM, Djohan Djauhari, Selasa (15/12-2015).

Kepala Seksi Intelejen Kejari Heri Soemantri membenarkan kedua terdakwa bakal disidangkan, Rabu. Pada hari sama, penahanan keduanya dipindahkan dari Rutan Garut ke Rutan Kebonwaru Bandung.

Dikemukakan, Kejari juga akan menerima pelimpahan berkas tahap dua dalam perkara sama atas nama tersangka Uj selaku rekanan sebagai Direktur PT Mangle Panglipur. Pelimpahan tahap dua direncanakan dilakukan di Bandung, dan Uj pun akan langsung ditahan di Rutan Kebonwaru.

KM dan BS ditahan atawa dijebloskan ke Rutan Garut sejak 28 November lalu, setelah Kejari menerima pelimpahan berkas perkaranya dari Mabes Polri.

Keduanya tersangkut kasus dugaan tindak pidana korupsi penggelembungan dana pada kegiatan pengadaan pengayaan buku, buku referensi, dan buku panduan pendidik di lingkungan Disdik bersumber DAK APBN TA 2010 bertotal nilai sekitar Rp7,735 miliar.

*******

Noel, Jdh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here