Dua Rumah Penduduk Ludes Terbakar

0
91 views
Padamkan Kebakaran.
Fotografer : John Doddy Hidayat
Garut News ( Sabtu, 30/09 – 2017 ).
Padamkan Kebakaran.

Lantaran lupa mematikan api tungku di dapur, sebabkan dua unit rumah penduduk pada lokasi berbeda namun pada hari yang sama ludes terbakar, Sabtu (30/09-2017) dini hari.

Keduanya masing-masing milik Ibrohim di Kampung Palahan Desa Tanjungmulya Kecamatan Pakenjeng, dan rumah milik perempuan jompo Nawi di Kampung Tarum RT 01/06 Desa Hegarmanah Kecamatan Bungbulang.

Meski tak ada korban jiwa dalam kedua peristiwa kebakaran tersebut. Namun selain kehilangan tempat tinggal berikut seluruh isinya, masing-masing penghuni juga kini terpaksa mengungsi dan tinggal sementara di rumah kerabat/tetangga terdekat.
Kebakaran menimpa rumah Ibrohim dengan tanggungan keluarga tujuh jiwa terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.
Warga sempat berjibaku berupaya memadamkan api. Namun bangunan rumah yang terbuat dari bahan mudah terbakar menjadikan kobaran sangat cepat menjalar dan membesar sehingga sulit dikendalikan dan dipadamkan.
Warga dan aparat setempat berhasil mengevakuasi seluruh penghuni rumah ke tempat aman.
Selain bangunan rumah, seluruh isinya antara lain pakaian, alat dapur, peralatan elektronik, kayu sebanyak lima meter kubik, serta sejumlah padi/beras hangus menjadi abu.
“Diduga kuat api berasal dari tungku yang lupa dimatikan. Sedangkan bantuan yang sangat dibutuhkan korban saat ini pakaian dan makanan. Kerugian materialnya masih dalam penghitungan,” kata Camat Pakenjeng Asep Giridaya.
Seperti halnya rumah milik Ibrohim, rumah milik Nawi (80) di Desa Hegarmanah Bungbulang juga hangus diduga kuat akibat api tungku dapur lupa dimatikan.
Api dengan cepat menjalar melalap bangunan berdindingkan bilik anyaman bambu seluas 48 m2 itu.
Sebelum bangunan rumah berikut seluruh isinya hangus luluh lantak, warga berhasil menyelamatkan dan mengevakuasi penghuninya ke tempat aman.
“Tak ada korban jiwa. Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir sekitar Rp50 juta,” ungkap Camat Bungnulang Heri Hermawan.
********
(NZ).