Dua Positif Dirawat di RSU, Yadul ‘Ulya Edukasi Masyarakat

0
15 views
Instalasi Biogas Ponpes Yadul 'Ulya Garut.
Penggemukan Domba di Ponpes Yadul ‘Ulya Garut.

“Selaawi Bebas Pandemi Global”

Garut News ( Rabu, 24/06 – 2020 ).

Kini masih dua pasien positif dirawat di RSU dr Slamet Garut, masing-masing perempuan 47 tahun asal Kadungora (KC-24), dan pria 37 tahun asal Kecamatan Leuwigoong (KC-26).

Lantaran di Kecamatan Selaawi bebas kasus positif Covid-19. Setelah pasien positif asal kecamatan tersebut dinyatakan sembuh.

Terbaru pasien dinyatakan sembuh seorang laki-laki 13 tahun (KC-23). Menyusul tujuh pasien lainnya terlebih dahulu berhasil sembuh dan sudah pulang dari rumah sakit.

Sehingga, dari total 26 kasus konfirmasi positif di kabupaten setempat, terdapat 21 dinyatakan sembuh, dua dalam perawatan, dan tiga lainnya meninggal dunia.

Sedangkan terbanyak terkonfirmasi di kabupaten ini pun terkonsentrasi di Desa Samida Selaawi dengan delapan positif.

Meski ada penambahan positif Covid-19 dinyatakan sembuh, namun total kasusnya masih bertambah dengan penambahan dua ODP.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten, Yeni Yunita, SE, M.Si katakan totalitas kasus pada 24 Juni 2020 Pukul 19.00 WIB mencapai 4.615, terdiri 2.705 ODP, 76 PDP, 26 positif, dan 1.808 OTG.

“Hari ini, Tim Sub Divisi Pencegahan melakukan tindaklanjut tracing dan tracking pada kontak erat KC-19 di Kadungora, dan kontak erat KC-20 di Sukaresmi, dilakukan penyelidikan epidemiologi serta pengambilan sampel swab.

Sebelumnya dilaksanakan tracking, dan tracing pada kontak erat KC-26 di Leuwigoong 35 orang, dilakukan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan sampel swab, katanya.

“Edukasi Masyarakat”

Setiap seluruh pengelola juga santri Ponpes Yadul ‘Ulya Garut, kian masih mengedukasi masyarakat mengenai manfaat beropa hidup bersih dan sehat, juga pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Upaya edukasi tersebut antara lain berupa ketauladanan pengelolaan sampah organik menjadi berkah, agar tak menjadi dosa jariyah.

Sampah rumah tangga tersebut dijadikan media pengembangan maggot untuk pakan ternak, serta pemanfaatan limba kotoran hewan pada instalasi biogas di Kampus Peradaban Ponpes itu.

Sedangkan penerapan protokol medis, di antaranya sterilasi lingkungan termasuk Masjid Ponpes Yadul ‘Ulya.

*******

Abisyamil, JDH/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here