Distarkim Garut Kinclong Penduduknya Banyak “BAB” Sembarangan

0
70 views

Garut News ( Selasa, 13/01 – 2015 ).

Kantor Distarkim Garut Semakin Kinclong.
Kantor Distarkim Garut Semakin Kinclong.

Meski komplek perkantoran “Dinas Tata Ruang dan Pemukiman” (Distarkim) Kabupaten Garut, Jawa Barat, kinclong.

Lantaran ditata senyaman dan sebagus mungkin.

Tetapi ironis, ternyata sangat tak berbanding lurus dengan sebagian besar penduduk kabupaten setempat.

Sebab, hingga kini banyak “buang air besar” sembarangan, lantaran tak memiliki “septic tank”.

Front Office Termasuk Ruang Tunggu Kantor Distarkim sangat Nyaman, Bersih dan Sehat.
Front Office Termasuk Ruang Tunggu Kantor Distarkim sangat Nyaman, Bersih dan Sehat.

Di antaranya penduduk Kampung Panawuan di Kelurahan Sukajaya, Tarogong Kidul, kini menagih janji pembangunan sarana “Mandi, Cuci dan Kakus” (MCK) yang sejak lama dijanjikan Kepala Distarkim kabupaten setempat, Deni Suherlan.

Sejak sekitar sebelum pertengahan tahun anggaran 2014 lalu, Suherlan menjanjikan bakal segera membangun sarana MCK penduduk di perkampungan tersebut, dengan syarat tersedianya tanah lokasinya.

Bahkan Tim Teknis dari Distarkim juga pernah turun ke lapangan, seraya menegaskan bisa dibangun jika tak terdapat pembebasan tanah.

Inilah "Helikoipter" Mewarnai Sebagian Besar Kehidupan Penduduk Kabupaten Garut, Termasuk di Kelurahan Sukajaya.
Inilah “Helikoipter” Mewarnai Sebagian Besar Kehidupan Penduduk Kabupaten Garut, Termasuk di Kelurahan Sukajaya.

Ternyata, setelah masyarakat merelakan tanahnya dibangun sarana MCK, tetapi janji manis Kepala Distarkim itu, tak kunjung terealisasi kendati tahun 2014 telah berganti atawa berlalu.

Padahal, hingga kini sebagian besar penduduk kampung ini masih tak memiliki septic tank, sehingga mereka banyak yang kerap membuang hajat di sungai atawa selokan maupun areal persawahan, dan kolam.

Meski lokasi perkampungan di kelurahan tersebut, sangat beredekatan dengan pusat pemerintahan Pemkab Garut.

Pada Era Informasi, antara lain Ditandai Adanya E-mail, Ponsel Cerdas, Kloning Mamalia, serta Voyager 1, Namun Kondisi "BAB" Penduduk Garut, Masih Sangat Miris atawa Memilukan.....Bro.
Pada Era Informasi, antara lain Ditandai Adanya E-mail, Ponsel Cerdas, Kloning Mamalia, serta Voyager 1, Namun Kondisi “BAB” Penduduk Garut, Masih Sangat Miris atawa Memilukan…..Bro.

Sekretaris Distarkim Ir Luna ketika didesak pertanyaan Garut News, Senin (12/01-2015) di ruang kerjanya hanya katakan, segera menyampaikan desakan masyarakat menagih janji itu pada atasannya.

“Saya tak bisa memberikan jaminan apapun, lantaran disampaikan dahulu pada atasan maupun tim teknis, terlebih lagi kini memasuki tahun anggaran 2015, yang proses pencairan dananya entah kapan,” katanya.

 

**********

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.