Diskominfo : Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut

0
25 views
Dirgahayu Kabupaten Garut.
H. Mukshin S Sos M.Si

“Miliki Sistem Informasi dan Dokumentasi Garut”

Kepala “Dinas Komunikasi dan Informatika” (Diskominfo) Kabupaten Garut,   H. Mukshin S Sos M.Si Beserta Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada Diskominfo kabupaten setempat, Ricky Rizki Darajat, SH Juga Seluruh Jajaran Keluarga Besar  Diskominfo.

Mengucapkan :  Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut, 16 Februari 2020.

“Bekerja Bersungguh-sungguh dan BERTANGGUNGJAWAB MEWUJUDKAN GARUT YANG BERTAQWA MAJU DAN SEJAHTERA”

Diskominfo Kabupaten Garut, selama ini berhasil menyosialisasikan “Sistem Informasi dan Dokumentasi Garut” (Si Dogar) kepada setiap seluruh SKPD, serta BUMD di lingkungan Pemkab/Setda kabupaten setempat.

Sistem tersebut dipastikan bisa  memberikan jasa pelayanan informasi, dan dokumentasi secara cepat, tepat, murah, bahkan akuntabel.

Rizki Darajat, SH.

Sebagai suatu terobosan inovasi PPID di bidang  PPID, merupakan salah satu implementasi amanat Undang – Undang RI No. 14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sehingga terdapatnya sistem tersebut, dipastikan pula sangat membantu masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, dan dokumentasi dari Badan Publik di Kabupaten Garut.

Di antaranya mengenai bagaimana kita bisa mendapatkan informasi Pembuatan “Kartu Tanda Penduduk” (KTP), kemudian proses pengurusan perizinan dan lainnya.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Kehumasan pada Diskominfo Kabupaten Garut, Rizki Darajat, SH selaku penggagas juga inovator Si Dogar mengemukakan, sistem informasi PPID di kabupatennya, sebenarnya selama ini berjalan lama melalui website Garutkab.go.id.

Namun hanya sebagai bagian maupun sub domain saja, maka dengan Si Dogar ini, kita lebih khusus di PPID itu satu website sendiri, sehingga menjadi lebih cepat di akses oleh masyarakat, serta  lebih lengkap.

Domba Garut.

“Karena itu, manfaatnya masyarakat bisa lebih mudah  mendapatkan informasi,” ungkap Rizki Darajat.

Diskominfo juga memiliki tugas sebagai penyelenggaraan urusan pemerintah bidang komunikasi dan informatika untuk daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Terkait dengan tugas tersebut, berwenang untuk memberikan izin terkait dengan bidangnya dan pada daerah wilayah kerjanya.

Beberapa pengurusan perizinan dibawah kominfo seperti izin Penyelengara Sistem Elektronik, Izin Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, Izin Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi, Penyelenggaraan Penyiaran (Lembaga Penyiaran Swasta dan Lembaga Penyiaran Berlangganan).

Kemudian Izin Prinsip Penyelenggaraan Jasa Telekomunikasi, Izin Prinsip Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus untuk Badan Hukum, Izin Prinsip Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi, hingga Izin Stasiun Radio.

Selain itu, kominfo juga berwenang dalam merumuskan layanan dan website yang boleh beroperasi, website yang tidak sesuai kebijakan dan undang-undang akan dikenakan kebijakan pemblokiran website. Kominfo juga punya peran sebagai pelaksana pembinaan bidang komunikasi dan informatika melalu program seperti digitalent dan lainnya.

Segera kunjungi kantor kominfo terdekat untuk mendapatkan informasi lainnya, Anda juga dapat mengakses website resmi kominfo atau menghubungi kontak kominfo untuk mendapat informasi umum terkait syarat pengurusan izin, biaya (jika ada), dan lainnya.

******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here