Diskominfo Agendakan Terjadwal Informasi Volume Nilai Ekspor

0
33 views
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada “Dinas Komunikasi dan Informatika” (Diskominfo) Kabupaten Garut.

“Garut Miliki Ragam Potensi Unggulan Berkualitas Ekspor”

Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Selasa, 11/04 – 2017 ).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada “Dinas Komunikasi dan Informatika” (Diskominfo) Kabupaten Garut.
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada “Dinas Komunikasi dan Informatika” (Diskominfo) Kabupaten Garut.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Kehumasan pada  “Dinas Komunikasi dan Informatika” (Diskominfo) Kabupaten Garut, Ricky Rizki. D, SH, M.Si segera mengagendakan secara terjadwal penyebaran informasi mengenai volume dan nilai ekspor ragam potensi komoditi unggulan di daerahnya.

Lantaran kabupaten ini memiliki sejumlah potensi mata dagangan bernilai ekspor, yang selama ini bisa membidik pangsa pasar mancanegara.

Kepada Garut News di ruang kerjanya, Selasa (11/04-2017), dia katakan agenda tersebut sebagai salah satu prioritas programnya yang dibingkai pada pelayanan informasi publik khususnya “Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi” (PPID) kabupaten setempat.

H. Nurdin Yana.
H. Nurdin Yana.

Sehingga setiap dari seluruh informasi SKPD mengenai pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan bisa secara terpusat ditebar melalui PPID, meski tetap pada koridor perundang-undangan yang berlaku, dalam artian ada informasi yang bisa diakses publik, juga terdapat informasi yang dikecualikan, imbuhnya.

Namun ragam informasi tersebut dipastikan secara terintegrasi diupayakan maksimal bisa diperoleh oleh para penerima manfaat, katanya.

Potensi Perkebunan Teh Garut.
Potensi Perkebunan Teh Garut.

Mengenai penyebaran informasi volume dan nilai ragam komoditi ekspor, dinilainya sangat krusial sebab selain bisa menjaring minat para calon investor baru, juga penting diketahui khalayak tentang sumber daya prosfektif di kabupaten ini.

Kabupaten Garut, ungkap Ricky Rizki antara lain memiliki mata dagangan berkualitas ekspor berupa “Crude Palm Oil” (CPO/minyak sawit), minyak akar wangi, minyak nilam, bulu mata palsu yang selama ini bisa membidik pangsa pasar Eropa dan USA.

Selain itu, juga terdapat produk sepatu, industri penyamakan kulit, teh hijau dan teh hitam, produk sadapan karet, cengkeh berkualitas terbaik dari Kertamukti, tembakau, bahkan  biji kapol dari Cisewu selama ini pula menembus pangsa pasar Jepang dan Prancis sebagai bahan baku medis maupun therafi kedokteran.

Biji Kapol Cisewu.
Biji Kapol Cisewu.

Karena itu jajaran PPID bakal “intens” menjalin keterpaduan dengan institusi teknis terkait, guna menjaring informasi volume, nilai ekspor, serta negara tujuan jejaring pemasarannya.

Sebelumnya Kepala Diskominfo Drs H. Nurdin Yana, MH  beserta jajarannya senantiasa “Mapag Abad Kadigjayaan” Berbasiskan Moto Pelayanan Diskominfo kabupaten setempat, “Segera, Mudah, Akurat, Responsif/Tanggap, Tepat” (SMART).

Dengan Bervisikan ; “Memberikan Pelayanan, dan Penyediaan Informasi yang Mudah, Terpercaya, Akurat dan Bermartabat”

Sehingga Mengusung Misi :

– Meningkatkan Kualitas SDM Pelayanan Informasi Melalui Berbagai Media Komunikasi.

– Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pelayanan Informasi, dan Telekomunikasi.

– Meningkatkan Keterbukaan Informasi Melalui Pengelolaan Informasi, dan Dokumentasi Publik.

Maklumat Pelayanan :

Inilah Produk Kedai Kopi Stephan Rosenmuller, dari Amterdam Kelola Potensi Kopi Garut.
Inilah Produk Kedai Kopi Stephan Rosenmuller, dari Amterdam Kelola Potensi Kopi Garut.

Dengan Ini, Kami Menyatakan ;

Sanggup Menyelenggarakan Pelayanan Sesuai Standar Pelayanan yang Telah Ditetapkan, dan Akan Melakukan Perbaikan Pelayanan Secara Terus Menerus, Serta Apabila Tidak Menepati Janji Ini, Kami Siap Menerima Sanksi Sesuai Peraturan Perundang-Undangan yang Berlaku.

Guna mencerdaskan masyarakat termasuk kalangan keluarga sebagai embrio masyarakat bangsa, yang di dalamnya terdapat peranan perempuan dengan mengungkit pemberdayaannya khususnya kaum ibu rumah tangga.

Sebagai sosok panutan juga pendidik bagi putra putrinya sebagaimana salah satu dicita-citakan R.A Kartini.

Karena itu, momentum 21 April memeringati Hari Kartini 2017.

Bisa dijadikan sebagai inspirasi mewujudkan peningkatan kualitas setiap seluruh keluarga masyarakat di Kabupaten Garut yang Bermartabat, Nyaman, dan Sejahtera.

Tiada Hari Tanpa Informasi.
Tiada Hari Tanpa Informasi.

Antara lain berbasiskan kaum perempuan sebagai masyarakat informasi, yang berkemampuan memilah dan memilih informasi yang baik, dan benar sehingga ikut serta mendidik anak bangsa agar senantiasa mengakses informasi positip.

 

“Dirgahayu Peringatan Hari Kartini 2017”.

 

 

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here