Disia-siakan Rudy – Helmi, PBB Dukung Pasangan Balon Lain

0
67 views
Ilustrasi.

Garut News ( Rabu, 10/01 – 2018 ).

Ilustrasi.

Lantaran merasa sejak lama disia-siakan Rudy Gunawan dan Helmi Budiman, menghadapi Pilkada Garut 2018 ini, maka “Partai Bulan Bintang” (PBB) menjadi mengalihkan dan menegaskan dukungan politiknya kepada pasangan balon Iman Alirahman-Dedi Hasan Bahtiar yang juga diusung Partai Golkar-PDIP.

Padahal PBB sebelumnya berkoalisi bersama Partai Gerindra dan PKS berhasil mengusung pasangan Rudy Gunawan dan Helmi Budiman sebagai Bupati dan Wabup Garut 2014-2019 pada Pilkada Garut 2013 silam.

Namun dalam perjalanannya, alih-alih menambah jumlah kursi keterwakilan di DPRD Garut dari dua kursi menjadi lebih, pada Pileg 2014, PBB malahan sama sekali tak memeroleh kursi di DPRD Garut.

Bahkan PBB pun semakin kecewa berat sebab sulitnya berkomunikasi dengan Helmi maupun Rudy selama keduanya memimpin Garut.

Kemudian kalangan pengurus dan kader menyebutkan, kekecewaan PBB semakin memuncak ketika Rudy-Helmi memutuskan maju lagi pada Pilkada 2018 dengan menggunakan “perahu” Gerindra, PKS, dan Nasdem tanpa berkomunikasi dengan PBB selaku partai pengusung pada pilkada sebelumnya.

Hingga berlangsung Deklarasi Pemenangan Rudy-Helmi, dan pendaftarannya ke KPU, PBB tak dilirik sama sekali.

Kecewa atas sikap pasangan balon petahana Rudy-Helmi terhadap PBB yang bak habis manis sepah dibuang, para pengurus dan kader PBB sepakat mengalihkan dukungan ke paslon lain.

“Saya sampai saat ini masih Wakil Ketua Tim Sukses Rudy karena memang tim ini belum dibubarkan. Tetapi menghubungi Rudy, tak ada jawaban. Demikian pulka menghubungi Helmi, sama. Apa karena kami tak punya kursi di dewan lantas tak dibutuhkan lagi, atau apa ? Sampai mereka mendaftar ke KPU, tak ada komunikasi sama sekali. Laa Kalaam Wa Laa Salaam ! Karena itulah, kewajiban kami menjaring aspirasi jama’ah PBB, mau bagaimana menghadapi Pilkada 2018 ini,” ungkap Ketua DPC PBB Garut Hudan Mushafuddin, Selasa (09/01-2018).

Hasil penjaringan aspirasi jama’ah yang lalu dibawa ke sidang pleno pengurus partai, lanjutnya, disepakati PBB akan mendukung paslon Iman Alirahman-Dedi Hasan Bahtiar.

“Tentu saja, kita juga tak asal dukung. PBB siap gabung dan dukung pasangan ini jika keduanya bersedia menerima dan memerjuangkan visi misi PBB sebagai syarat utama. Kalau mereka menolak syarat dan komitmen kita ajukan, kita balik kanan. Ini ijtihad politik PBB di Pilkada 2018 sebagai rangkaian koalisi kebangsaan keagamaan. Kita ingin memberikan warna lain, dan memberikan konstribusi melalui pasangan ini demi mewujudkan Garut lebih baik,” imbuh Hudan.

Ditanya mengapa menjatuhkan pilihan dukungan pada paslon lain, Hudan katakan hal itu berkaitan dengan sosok kepemimpinan yang dibutuhkan Garut saat ini. Banyak persoalan mesti diselesaikan secara serius dengan kedalaman tata pemerintahan secara profesional.

Hudan juga mengakui PBB tak bisa lepas dari semangat membangun silaturrahim, konsolidasi, dan soliditas umat Islam seiring semangat Bela Islam 212. Namun pihaknya harus menyadari bukan merupakan partai penentu.

Terlebih karena tak ada keterwakilannya di DPRD. Sehingga PBB pun berkaitan Pilkada Garut 2018 saat ini mau tak mau harus realistis, dan bersikap cair dengan yang lain. Seperti halnya dilakukan partai lain dalam menghadapi Pilkada Garut 2018, kata dia.

********

NZ/Fotografer : John Doddy Hidayat.