Direktur Pembinaan Keselamatan ‘Turun Gunung’ Persiapkan Lebaran

0
53 views
Ahmad Yani, Didampingi Sofyan Hidayat (bertopi) Berdialog langsung Dengan penumpang Bis Tujuan Bekas, dan Jakarta.

Garut News ( Jum’at, 25/05 – 2018 ).

Ahmad Yani, Didampingi Sofyan Hidayat (bertopi) Berdialog langsung Dengan penumpang Bis Tujuan Bekasi dan Jakarta.

Direktur Pembinaan Keselamatan Transfortasi Darat pada Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani “turun gunung” ke setiap daerah termasuk Terminal Tife A Guntur Melati Garut, Jawa Barat, Jum’at (25/05-2018), guna mewujudkan kesiapan menghadapi arus mudik, dan arus balik Lebaran 1439 H/2018 ini.

Ahmad Yani Bersama Agung. R, dan Sofyan Hidayat Memeriksa Kebersihan WC Umum Terminal Guntur Melati.

Antara lain bersama Kepala “Balai Pengelola Transfortasi Darat” (BPTD) Provinsi Jawa Barat, Agung. R, dan Kepala Dishub kabupaten setempat Suherman, Ahmad Yani juga didampingi Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tife A Guntur Melati, Sofyan Hidayat.

Detail melakukan pemeriksaan langsung, tak hanya pada kondisi teknis beserta dokumen moda  angkutan penumpang umum “antar kota antar provinsi” (AKAP), serta “antar kota dalam provinsi” (AKDP), melainkan pula pemeriksaan pada landasan terminal hingga pemeriksaan kebersihan WC Umum.

Pemeriksaan Infrastruktur Terminal Guntur Melati Garut.

Bahkan Ahmad Yani pun menyempatkan berdialog dengan para penumpang di dalam bis tujuan Bekasi, dan Jakarta.

“Selamat di awal, di sepanjang perjalanan, hingga tiba di tujuan “, imbuh Ahmad Yani kepada Garut News terkait upayanya mewujudkan “zero accident” (nol kecelakaan transfortasi) dengan penguatan “safety” (keamanan) berbasis pencegahan.

Ahmad Yani (kanan), Sofyan Hidayat, dan Agung. R Bahas Rencana Pembangunan Gedung Utama Terminal.

“Sebagai strategi pencegahan kecelakaan, sekaligus sebagai cara berpikir kecelakaan bisa dicegah,” ungkap Agung. R, antara lain menambahkan.

Dikemukakan pula, mulai 2018 ini dibangun benteng Terminal Guntur Melati Garut, yang berlanjut pada pembangunan ragam inprastruktur gedung serta penunjang lainnya, sedikitnya bisa menelan kebutuhan dana berkisar Rp8 miliar hingga Rp9 miliar bersumber APBN murni.

Terminal Guntur Melati Garut, Jawa Barat.

BPTD Wilayah – IX Jabar mejelang Lebaran Idul Fitri 2018 ini, juga membantu kesejahteraan setiap seluruh pengelola terminal berupa pemberian natura maupun sembako, kata Agung. R.

Sebelum bertolak menuju Terminal Tasikmalaya, Ciamis, dan Kota Banjar. Direktur Pembinaan Keselamatan Transfortasi Darat pada Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani pun memimpin apel pegawai dengan memberikan pembinaan di antaranya berupa kesiapan menghadapi arus mudik, dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1439 H di Garut.

Pimpin Apel.

Dalam pada itu, Ahmad Yani dengan humanis menyempatkan berkominikasi pula bersama para pengelola terminal di Garut, sedangkan sebelumnya Ahmad Yani dan rombongan juga turun gunung ke Terminal Sumedang.

********

Foto Bareng.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.