Direhabilitasi 2.500 Meter Saluran Pengendalian Minimalisir Banjir

0
21 views
Seputar Bundaran Simpang Lima Garut.

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Rabu, 20/07 – 2016 ).

Seputar Bundaran Simpang Lima Garut.
Seputar Bundaran Simpang Lima Garut.

Dengan bersumber dana APBD Kabupaten Garut tahun anggaran 2016 senilai Rp7,8 miliar.

Kini gencar direhabilitasi sepanjang sekitar 2.500 meter saluran pengendalian meminimalisir banjir pada tujuh lokasi.

Dengan kegiatan pembangunannya, antara lain perubahan dimensi, perubahan trase, serta rekayasa konstruksi.

Kepala Bidang Konservasi pada Dinas “Sumber Daya Air dan Pertambangan”(SDAP) kabupaten setempat, Iwan S Wiradisastra katakan, saluran pada masing-masing lokasi rata-rata diperlebar dari semula 40 cm menjadi satu meter.

Bahkan, pada lokasi saluran seputar Bundaran Simpang Lima, diperlebar dari semula 60 cm menjadi 1,2 meter, ungkapnya kepada Garut News, Rabu (20/07-2016).

Iwan S. Wiradisastra.
Iwan S. Wiradisastra.

Dikatakan Wiradisastra, masih berupa pengendalian meminimalisir banjir tersebut, lantaran di seluruh kawasan perkotaan ini terdapat sedikitnya 118 lokasi saluran yang mendesak segera direhabilitasi.

Sedangkan yang direhabilitasi tahun ini hanya tujuh lokasi pada lima wilayah kecamatan, sedangkan pada tahun anggaran 2015 lalu, direhabilitasi 11 lokasi saluran.

Sehingga masih terdapat sedikitnya 100 lokasi saluran yang patut mendapatkan sentuhan pembangunan rehabilitasi, imbuhnya.

Dikemukakan pula, kegiatan pembangunan rehabilitasi pada tujuh lokasi saluran itu. Hingga kini rata-rata mencapai 30 persen selesai, program ini merupakan atensi dari bupati setempat, katanya.

Masih menurut Iwan S Wiradisastra, fenomena banjir pada saluran hingga air meluap pada badan jalan, di antaranya akibat terjadinya penumpukan sedimen ragam jenis sampah, serta penyempitan rase, ungkapnya.

Karena itu, sangat diharapkan kesadaran juga peran sereta seluruh masyarakat. Agar tak membuang sampah pada sembarang tempat, imbuh Wiradisastra, antara lain menambahkan.

 

*********

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here