Diperlukan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

Diperlukan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

148
0
SHARE
Peserta PAUD.
Cilampuyan Pakenjeng.

Garutnews ( Jum’at, 04/08 – 2023 ).

Sekretaris Dinas Pendidikan Garut, Mohamad Yusuf Sapari berpendapat pentingnya Perbup mengenai ‘Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif’ (PAUD HI) guna memerkuat kemampuan pendidik PAUD di wilayahnya.

Demikian mengemuka pada penyusunan Perbup tersebut di Aula Dewi Sartika Disdik kabupaten setempat, Jum’at (04/08-2023), yang membahas beragam aspek pendidikan holistik bagi para pembelajar muda.

“Inisiatif ini, tak hanya memenuhi kebutuhan lokal melainkan juga sesuai arahan pemerintah pusat,” katanya.

Sedangkan PAUD holistik selain menyangkut pendidikan juga pengasuhan, keamanan, kesehatan, dan gizi.

Sehingga penyusunan draft Raperda melibatkan para pemangku kepentingan pelbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab, yang terlibat langsung dalam sistem PAUD holistik.

Perbup bertujuan memerluas cakupan pendidikan anak usia dini, dengan mengintegrasikan aspek pengasuhan dan perawatan bersamaan pula dengan instruksi akademis.

Dia optimis, Perbup mendatang membawa peningkatan kompetensi kalangan pendidik PAUD dan staf pendukung.

Lantaran tantangan dihadapi institusi PAUD formal dan non-formal semakin bertambah. Maka Perbup diharapkan bisa menjadi pedoman menyeluruh untuk PAUD di kabupatennya memberikan dampak transformatif seluruh lanskap pendidikan anak usia dini.

“Bahkan diharapkan pula Perbup ini menjadikan kapasitas pendidik beserta tenaga kependidikan PAUD bisa semakin meningkat,” katanya.

Tak hanya lembaga pendidikannya, masa depan pendidik maupun para pembelajar muda dapat berkembang baik.

********

Abah John.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY