Dinsosnakertrans Bisa Bantu Penyembuhan TB Dengan “Aladin”

0
37 views

Garut News ( Senin, 22/12 – 2014 ).

Jajang Taufiq.
Jajang Taufiq.

Dinsosnakertrans Kabupaten Garut mengaku bisa membantu proses penyembuhan penderita TB Paru atawa TBC dengan jasa “Aladin”.

Kepala Bidang Perlindungan Tenaga Kerja pada institusi pelat merah tersebut, Jajang Taufik katakan, dengan kondisi “Aladin” atawa “Alas, Lantai dan Dinding” rumah yang memenuhi standar kesehatan, serta kebersihan dipastikan bisa membantu proses penyembuhan jenis penyakit mematikan itu.

Sehingga bagi penderita TB selama ini bermukim pada “Rumah Tak Layak Huni” (RTLH), bisa mengusulkan melalui kepala desa setempat, katanya kepada Garut News, Senin (22/12-2014).

Kemudian diketahui camat, dilampiri foto copy KTP, kartu keluarga, serta potret kondisi rumah, selanjutkan disampaikan ke Dinsosnakertrans, katanya pula.

Aladin Bisa Sembuhkan Penyakit TB, katanya.
Aladin Bisa Sembuhkan Penyakit TB, katanya.

Sedangkan upaya lain, berupa pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan keterampilan juga diberdayakan.

Bagi penderita yang sembuh, bisa mengikuti pelatihan kompetensi berbasis masyarakat, bagi pencari kerja bisa diikutkan pelatihan pada BLK.

Disusul yang hendak berwirausaha dapat diikut-sertakan pada pelatihan dan produktivitas.

Pihaknya juga merealisasikan program pengawasan ketenagakerjaan, lantaran pihak perusahaan tak boleh mengucilkan atawa melakukan diskriminasi terhadap penderita TB.

Serta tak boleh juga melakukan PHK secara sepihak lantaran penyakit tersebut, melainkan diharapkan bisa segera membantu proses penyembuhannya.

Didesak pertanyaan Garut News mengenai kesenjangan penghasilan pegawai honor penjaga sekolah, dan guru honorer dibandingkan guru bersertivikasi, Jajang Taufiq menyerukan diperlukan keikhlasan setiap pegawai berpenghasilan tinggi untuk berbagi.

Yakni menyisihkan penghasilannya guna membantu menambah penghasilan pegawai berpenghasilan rendah terutama mereka berstatus honorer, katanya.

********

Esay/Foto : John Doddy Hidayat.