Dinkes Bentuk 92 Unit Posgakes

0
7 views

Garut News ( Selasa, 30/06 – 2015 ).

Foto : John Doddy Hidayat.
Foto : John Doddy Hidayat.

Dinkes Kabupaten Garut menyiapkan pembentukan sekitar 92 unit “pos siaga kesehatan” (posgakes), tersebar pada pebagai lokasi hadapi masa arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1436 H/2015.

Kadinkes Teni Sewara Rifa’i melalui Kabid Pengendalian Penyakit Tatang Wahyudin, katakan dari 92 posgakes tersebut, di antaranya posgakes statis di 67 puskesmas pada 42 wilayah kecamatan.

Posgakes lain dibentuk pada lintasan jalur utama mudik dan balik Lebaran ada tujuh unit posgakes, dan lima unit posgakes dibentuk di pusat-pusat perbelanjaan kota Garut.

Kawasan wisata juga mendapat perhatian khusus. Sehingga Dinkes membentuk sekitar 13 unit posgakes kawasan wisata itu.

Mengatasi gangguan kesehatan sekaligus member jasa layanan terhadap masyarakat terutama selama H-7 hingga H+7 Lebaran Idul Fitri 1436 H/2015 ini, Dinkes juga menerjunkan sekitar 1.661 petugas di lapangan.

“Sebelumnya, kita juga menyampaikan instruksi ke seluruh puskesmas agar menyusun jadwal piket, menyiapkan SDM, fasilitas tes, obat-obatan, alat kesehatan, dan ambulans yang ada,” katanya.

Diharapkan keberadaan posgakes lapangan itu bisa membantu warga darurat membutuhkan layanan kesehatan di tengah hiruk pikuk keramaian arus mudik maupun balik Lebaran Idul Fitri 1436 H/2015 M.

“Bukan hanya pemudik. Tetapi siapapun warga lainnya merasakan gejala sakit, bisa segera¬† berkonsultasi atau memeriksakan kondisi kesehatannya pada petugas siaga posgakes terdekat,” katanya pula.

Dia mengingatkan para pemudik agar senantiasa  menjaga kondisi kesehatan saat bepergian terutama ketika mudik.

Hal itu juga melihat keluhan pasien datang ke posgakes pada tahun-tahun sebelumnya didominasi sakit grastitis-dyspepsia, myalgia fatique, dan chepalgia, atau keluhan sakit pada bagian perut, mual, serta pusing-pusing akibat kelelahan selama perjalanan.

********

Noel,Jdh.