Dinas PUPR Garut Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut

0
10 views
Dirgahayu Kabupaten Garut.
Ir. Luna Aviantrini, MT.

“Memaksimalkan Potensi SDM Tersedia”

Kepala Dinas “Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang” (PUPR) Kabupaten Garut, Ir Luna Aviantrini, MT Beserta Seluruh Jajaran Keluarga Besar Dinas PUPR Kabupaten Setempat.

Mengucapkan :  Dirgahayu Hari Jadi ke-207 Garut, 16 Februari 2020.

“Bekerja Bersungguh-sungguh dan BERTANGGUNGJAWAB MEWUJUDKAN GARUT YANG BERTAQWA MAJU DAN SEJAHTERA”

“Miliki 398 Sumber Air”

Berdasar cakupan sumber mata air yang diinventarisasi maupun pencatatan atau pendaftaran pada 42 wilayah kecamatan di Kabupaten Garut, terdapat sekitar 398 sumber mata air.

Kadis PUPR, Ir Luna Aviantrini, MT didampingi Kabid Bina Program Gun Gun Sukma Utama ST katakan, potensi air bersih tersebut terdiri potensi mata air pada lahan milik pribadi masyarakat.

Kemudian potensi pada lahan milik Perhutani, dan sumber mata air pada tanah carik desa dengan kapasitas debetnya bervariasi. Namun setiap seluruh kondisinya telah dilakukan pengkajian awal.

Lantaran juga masih perlu dianalisa mengenai upaya pemenuhan menyeluruh bagi 2,6 juga penduduk kabupatennya.

Dikemukakan, pada 2020 ini pun pada sumber mata air Cibolerang, dan Ciburial dalam penguasaan Pemkab Garut. Sebagai salah-satu upaya pemenuhan sumber hajat hidup orang banyak.

Sedangkan perlunya penyelenggaraan ‘Feasibility Study’ (FS), menurut Gun Gun Sukma Utama mengharapkan idealnya bisa dilaksanakan dengan memaksimalkan potensi ‘sumber daya manusia’ (SDM) di lingkungan Dinas PUPR.

Mengenai tak terserapnya alokasi pagu anggaran Dinas PUPR Kabupaten Garut bersumber APBD 2019 kabupaten setempat mencapai Rp78.553.153.147 dari total alokasi anggaran Rp425.307.152.818,-

Diharapkan bisa direalisasikan pada 2020 ini, lantaran seluruh usulan kegiatannya kembali disampaikan melalui Bappeda, imbuhnya pula.

Sebelumnya diberitakan Garut News, keberkahan ditemukannya potensi sumber air pada rangkaian kunjungan kerja ke beberapa kecamatan dan desa, maka Wakil Bupati dr H. Helmi Budiman menginstruksikan Dinas PUPR segera menyelenggarakan FS.

Guna bisa mengetahui nilai kelayakan implementasinya, dengan beragam aspek yang dianalisa di antaranya ‘social benefit’ berupa manfaat yang bisa diperoleh masyarakat, juga beberapa faktor memengaruhi intensitas FS yakni jumlah dana diinvestasikan.

“Sehingga dapat diimplementasikan,” juga imbuh Wabup Helmi Budiman.

Dikemukakan pula, di wilayah Kecamatan Cibatu ditemukan potensi sumber air anak Sungai Cimanuk yang melintasi Leuwigoong diprediksi bisa memenuhi kebutuhan lahan pertanian di lima desa.

Prosfektifnya sumber air baru, juga ditemukan di wilayah Kecamatan Banjarwangi yang dapat mengairi areal pertanian pada beberapa desa, demikian pula di wilayah Kecamatan Peundeuy terdapat potensi sumber air guna mengairi 15 hektare.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Cisewu, bakal diupayakan dana bersumber APBD Perubahan 2020 untuk membangun lintasan Jalan Karangsewu sepanjang 15 kilometer.

*******

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here