Dinas PMD : Dirgahayu ke-205 Kabupaten Garut

0
42 views
Alam Pedesaan.
Alam Pedesaan.

Kepala Dinas ‘Pemberdayaan Masyarakat dan Desa’ (PMD) Kabupaten Garut, Drs H. Jajat Darajat, M.Si Bersama Sekretaris Asep Jaelani, M.Pd Beserta Seluruh Jajaran Keluarga Besar Dinas PMD kabupaten setempat.

Mengucapkan :

Selamat dan Dirgahayu Hari Jadi ke-205 Kabupaten Garut

(16 Februari 1813 – 16 Februari 2018).

“Gawe Rancage Mawa Raharja”

(Kerja Bersama Menuju Kesejahteraan).

Penentu keberhasilan ‘Badan Usaha Milik Desa’ (Bumdes) di tangan para pengurus, khusus pada pemimpinnya. 

Harus memiliki jiwa kepemimpinan maupun leadership. Lantaran Bumdes pun memerlukan seorang ketua/direktur yang mampu mengarahkan Bumdes. Sehingga janganlah setelah Bumdes berdiri, pengurus tak tahu kemana arah dan tujuan ke depannya.

Diperlukan dimilikinya visi, sehingga dalam masa kepengurusan pengurus Bumdes bisa merencanakan kegiatan apa pun yang akan dilaksanakan, kemudian apa saja target akan dicapai selama jangka waktu tertentu.

Asep Jaelani, M.Pd.

Bahkan juga harus mampu menciptakan sebuah inovasi pengembangkan Bumdes. Selain berkemampuan individual, pengurus Bumdes juga harus memiliki semangat kerja tim (teamwork) yang tinggi.

Meski berkemampuan hebat, namun jika pengurus hanya bekerja individual maka yang terjadi ketidakselarasan antara pengurus yang satu dengan lainnya, yang justru menyebabkan terhambatnya kinerja Bumdes.

Maka agar Bumndes berkembang, perlu dilakukan pembenahan struktur organisasinya. Bumdes pun harus memiliki struktur yang jelas, termasuk pembagian wewenang dan tugas pengurus.

Jangan ada tumpang tindih antara pengurus satu dengan lainnya, supaya pekerjaan dapat diselesaikan dengan efisien dan efektif.

Diperlukannya peningkatan kualitas SDM. Perkembangan zaman dan teknologi semakin maju tentunya harus diikuti peningkatan kualitas SDM, jangan terjadi orang lain melihat Bumdes sebagai perusahaan  “ndeso” hanya karena terletak di desa.

Peningkatan kualitas SDM bisa dilakukan dengan mengadakan pelatihan, maupun bimbingan teknis diselenggarakan Pemerintah atau swasta.

Kemudian dilakukannya perbaikan sistem organisasi Bumdes. Berupa Sistem bagaimana cara agar pengurus Bumdes melakukan tugasnya dengan baik. 

Meeting diperlukan guna mengetahui kemajuan program kerja Bumdes, menentukan target, menganalisis masalah dan kendala sedang dihadapi, serta hal-hal lain yang perlu dibicarakan.

*********