Diantisipasi Tak Terpenuhinya Persyaratan Kajian Percepatan DOB

0
5 views
Garsel Miliki Staspro Lapan.
Terdapat Balai Uji Teknologi, dan Pengamatan Antariksa Serta Atmosfer Garut.

“Calon Ibukota DOB Garsel di Kecamatan Mekarmukti”

Garut News ( Rabu, 04/12 – 2019 ).

Upaya mengantisipasi kemungkinan tak terpenuhinya persyaratan kajian percepatan pembentukan ‘daerah otonomi baru’ (DOB) ‘Garut Selatan’ (Garsel), Kabupaten Garut memercepat pemutakhiran data disesuaikan peraturan baru juga perkembangan sosial ekonomi politik.

Sosialisasi pemutakhiran data hingga penyusunan perubahan administrasi sesuai format ketentuan baru pun dilakukan Pemkab setempat melalui Asisten Administrasi Bidang Pemerintahan dan Bagian Pemerintahan Setda, pada 16 kecamatan Garsel. Dilengkapi usulan dan persetujuan desa serta BPD, berikut profil masing-masing desa/ kecamatan.

Di Garsel Ada Fenomena Alam Paling Spektakuler.

Pada 16 kecamatan DOB Garsel tersebut terdiri Cibalong, Pameungpeuk, Cikelet, Mekarmukti, Pakenjeng, Bungbulang, Caringin, Talegong, Cisewu, Pamulihan, Cisompet, Cihurip, Peundeuy, Singajaya, Banjarwangi, dan Kecamatan Cikajang.

“Diselenggarakan guna memudahkan kajian lanjutan, sekaligus lampiran persetujuan Bupati dan DPRD untuk disampaikan ke provinsi. Paling akhir 20 Desember, ada di provinsi,” imbuh Dewan Penasehat Presidium Garsel Suryaman Anang Suatma, Rabu (04/12-2019).

Suryaman juga Ketua Bidang Kewilayahan Forum Jabar Selatan itu mengingatkan, kabupaten lain sudah berproses dan masuk penilaian pemekaran di Jabar, seperti Sukabumi Utara dan Bogor Selatan, sehingga agar berproses sama mengenai pemutakhiran data disesuaikan format ketentuan baru persiapan DOB.

Pemutakhiran data tak bisa diabaikan lantaran pelbagai perubahan, dan perkembangan terjadi di masing-masing daerah.

“Dulu, di selatan itu belum ada jalan nasional. Sekarang ada. Tentu bisa berpengaruh perkembangan wilayah, termasuk pertumbuhan penduduknya. Belum lagi sisi perekonomian, sekarang perbankan ada di hampir kecamatan. Maka perlu ada penyesuaian data antisipasi pemenuhan syarat kajian pembentukan DOB. Meski belum ada agenda pemekaran secara nasional, tetapi jika segala sesuatunya diantisipasi sejak dini maka kita siap ketika pemekaran dilaksanakan,”  katanya.

Menurut dia, kendati belum ada ketentuan baku, format serta tata naskah mengenai pemberkasan penyiapan DOB disusun tak terlepas arahan Biro Pemerintahan Pemprov Jabar, dan Dirjen Otda melalui Sub Dit Penataan Daerah Kemendagri.

Suryaman menyebutkan, calon ibukota DOB Garsel ditetapkan di Kecamatan Mekarmukti.

“Bahkan Pendopo di Mekarmukti dilakukan Fisibility Study (studi kelayakan), dan DED (Detail Engeneering Design) ibu kota pun beres,” katanya pula.

*******

Abiyamil, JDH/Fotografer : John Doddy Hidayat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here