Di Garut Satu Sembuh, Covid-19 Positif Bertambah Dua

0
18 views
Ricky R Darajat.
Mobil Unit Penyemprotan Cairan Disinfektan Berlalu, Pertokoan Kembali Dibuka.

“Banyak pertokoan, mal, toserba juga pusat perbelanjaan beroperasional berintensitas kepadatan pengunjung bisa kian mencemaskan”

Garut News ( Senin, 27/04 – 2020 ).

Informasi menggembirakan perkembangan di Kabupaten Garut hingga, Senin (27/04-2020) Pukul 16.00 WIB, terdapat satu kasus Konfirmasi Positif Covid-19 (KC-05) Perempuan (45 tahun) Kecamatan Tarogong Kaler berdasar hasil pemeriksaan Laboratorium PCR pada 23 dan 24 April DINYATAKAN NEGATIF atau ‘SEMBUH’.

Sehingga merupakan kasus pertama di kabupaten ini dinyatakan sembuh setelah melalui proses isolasi mandiri sejak ditetapkan sebagai ODP Reaktif dilanjutkan proses perawatan di rumah sakit, ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Ricky R Darajat, SH.

Gencarnya Seruan Physical Distancing, selalu menggunakan masker, hindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta jika tak mendesak jangan keluar ruma., Namun Pertokoan Kerap Dipadati Pengunjung.

Meski KC-05 dinyatakan sembuh tersebut tetap harus mengikuti protokol kesehatan, harus isolasi mandiri selama 14 hari kedepan sejak dinyatakan sembuh dengan pemantauan keluarga, pemerintahan juga Puskesmas setempat.

Sedangkan informasi kurang menggembirakan, hari ini kasus konfimasi Covid-19 Positif bertambah dua kasus, Laki-laki (42 dan 51 tahun) Warga Negara Asing sementara tinggal pada salah satu tempat di Kecamatan Tarogong Kaler.

Keduanya memiliki riwayat perjalanan dari wilayah Zona Merah, kondisi saat ini masuk RSUD dr Slamet guna mendapatkan penanganan medis.

Kian Mendesak Diperlukan Empati Para Pemilik Toko, Mal, Juga Toserba.

Tim Dinkes selesai melaksanakan tracing dan tracking terhadap kontak erat dengan KC-07 mencapai 43 norang dilaksanakan rapid test semuanya dinyatakan non reaktif, dan di antaranya ada beberapa orang kontak diambil swab dilakukan pemeriksaan PCR
Laboratorium di Bandung.

Hingga kini total kasus Covid 19 (OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi +) mencapai 2.887
kasus, terdiri OTG : 529 orang, 346 di antaranya masih dalam tahap observasi dan 182
selesai masa observasi tanpa ada kasus kematian.

ODP : 2.303 kasus (90 kasus masih pemantauan, empat dalam perawatan, dan 2.209 selesai pemantauan, 10 diantaranya meninggal,

Sarana Ibadah pun Membatasi Kerumunan, Bagaimana Halnya Dengan Pertokoan, Mal, dan Toserba…?

PDP : 47 kasus (empat kasus dalam perawatan, dan 43 kasus selesai pengawasan, delapan di antaranya meninggal).

Konfirmasi + : sembilan kasus terdiri enam dalam perawatan di rumah sakit, satu kasus isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium, satu kasus dinyatakan sembuh, dan satu kasus meninggal.

Jumlah ODP terdeteksi hari ini di fasilitas kesehatan 12 kasus, dan OTG 43 kasus.

Bersama Camat Garut Kota (kiri), Selenggarakan Monitoring dan Evaluasi.

Sebelumnya ada upaya mengurangi keramaian wilayah perkotaan guna memutus penyebaran wabah pandemin Covid-19, Pemkab setempat menutup sejumlah lintasan ruas jalan pusat perkotaan selama 14 hari kedepan sejak, Ahad (26/04-2020).

Penutupan tersebut meliputi Jalan Ahmad Yani, Jalan Pramuka dan Jalan Siliwangi, mulai pukul 14.00 hingga 18.00 WIB.

Dilakukan pula sterilisasi wilayah ini, lantaran terdapat warga perkotaan yang dinyatakan positif (Covid-19).

Kesiapsiagaan Beroperasional.

Upaya mencegah penyebaran wabah itu, di antaranya senantiasa dengan Physical Distancing maupun menjaga jarak, selalu menggunakan masker, hindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun dan dengan air mengalir, serta jika tak mendesak jangan keluar rumah.

Masalah selama ini,  wilayah perkotaan masih kerap dipadati masyarakat, terutama saat Ramadlan, sehingga tujuh titik lintasan jalan ditutup terpaksa sementara guna memutus penyebaran pandemi wabah yang merepotkan banyak Negara.

Beragam Kalangan Disrepotkan Pandemi Wabah Covid-19.

“Bahkan masih banyak pertokoan, mal, toserba juga pusat-pusat perbelanjaan yang masih beroperasional dengan intensitas kepadatan pengunjungnya bisa kian mencemaskan”

*******

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here