Di Garut BUMN Berbagi Rezeki

0
12 views

Esay/Fotografer : John Doddy Hidayat

Garut News ( Sabtu, 25/06 – 2016 ).

Dengan Menaiki Helikopter Jenis Belt 428, Menteri BUMN Bersafari Ramadlan di Garut.
Dengan Menaiki Helikopter Jenis Belt 428, Menteri BUMN Bersafari Ramadlan di Garut.

Pada Puasa Ramadlan 1436 H/2016 ini, Kabupaten Garut, Jawa Barat, juga dijadikan helatan Safari Ramadlan Kementerian BUMN. Dengan mengoordinir 118 BUMN menggelar pasar murah juga pemberian santunan anak yatim piatu secara serentak pada 538 kabupaten/kota Seluruh Indonesia, Jum’at (24/06-2016).

Dihadiri langsung Menteri BUMN, Rini M Soemarno bersama 118 direktur utama BUMN, yang memberikan bantuan bertotal nilai diatas Rp4 miliar.

Menteri Rini Soemarno antara lain katakan, kegiatan tersebut bentuk tanggung jawab BUMN membantu masyarakat kurang mampu.

Rini Mariani Sumarno.
Rini Mariani Soemarno.

Sedangkan pengaktifan kembali jalur kereta api, akan melihat jalur-jalurnya bisa aktivasi dan bagaimana hitungan komersial apakah BUMN bisa melakuan hal itu, katanya.

Pasar murah juga serentak itu disediakan 504.800 paket sembako, serta 86.000 paket santunan yang dibagikan. Khusus di Garut disediakan 3.500 paket sembako dan santunan 2.500 anak yatim bernilai total Rp250 Juta.

Kemudian bantuan CSR diberikan BUMN antara lain  PT. Pertamina memberikan bantuan satu unit mobil jenazah untuk Masjid Agung Garut; PT. Jasa Raharja berupa satu unit mobil ambulans pada RSUD; PT. PGN pembangunan sumur artesis Masjid Agung.

PT Bank Mandiri membantu dua kipas angin, sebuah AC, dan tiga unit blower juga pada Masjid Agung, tiga unit motor sampah roda tiga pada Disperindagpas, serta empat mesin jahit, dan satu unit mesin obras pada organisasi PKK.

PT. Pegadaian membantu sumur artesis pada Desa Tanjung Jaya; PT. Taspen dua motor sampah; PT. Telkom lima unit komputer terhubung internet, dan multimedia projector diserahkan pada Pondok Pesantren Nurul Huda; PT. Bank BRI mesin pembuatan batako; dari PT. Jasindo bantuan renovasi tempat wudhu wanita Masjid Agung.

PT. PIHC berupa 5000 zak semen untuk Pondok Pesantren Nurul Huda; PT. Bank Negara Indonesia bantuan senilai Rp250 juta untuk Pondok Pesantren Salafiyah Insitisyatul Ulum, Yayasan Az-Zakariya, bantuan Rp100 juta untuk pembangunan Masjid Nurul Hakim Polres Garut, dan bantuan penghijauan dan renovasi Taman Kota.

PT. Semen Indonesia 5.000 zak semen untuk Pondok Pesantren Nurul Huda; PT. PLN masing-masing satu unit mesin pencacah sampah, dan mesin pembuat pakan ikan; serta PT. Bank Tabungan Negara bantuan Rp22,5 juta berupa kursi roda, santunan 98 usia lanjut, dan santunan 71 anak jalanan disalurkan melalui Dinsosnakertrans kabupaten setempat.

“PT PNM”

Dalam pada itu, PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero membina usaha dan pemberian modal pada 5.750 wanita miskin produktif di Kabupaten Garut. Dengan memberi pinjaman modal usaha, sekaligus pembinaannya.

Direktur Utama PNM, Parman Nataatmaja katakan, berjalan sejak 2015 lalu. Pembinaan bagi wanita memiliki usaha, di training menjalankan usahanya.

Nataatmaja mengemukakan, nasabah wanita produktif diberi pinjaman awal Rp2 juta. Apabila berhasil, PNM melalui Ulam memberikan modal tambahan Rp500 ribu hingga maksimal Rp5 juta.

Executive Vice President PT PNM, Arif Mulyadi jelaskan pula pihaknya menjalankan program bersasaran masyarakat miskin di perkotaan maupun pedesaan.

Belum lama ini menyentuh pula kaum wanita dari istri para nelayan produktif, mereka diberi bantuan pinjaman modal, kata dia.

*******

Pelbagai Sumber.