Di antara Manfaat Sujud Bagi Tubuh

by

Garut News, ( Senin, 21/10 ).

Ilustrasi. (Foto: John).
Ilustrasi. (Foto: John).

Mungkin banyak di kalangan umat Islam tak sadar mengenai pelbagai hikmah tersembunyi ketika sujud.

Padahal kita perlu sadari, tiada sesuatu pun ciptaan, dan suruhan Allah SWT tak bermanfaat, malah setiap ciptaan itu, memiliki kelebihan selalu tak terjangkau akal manusia.

Hikmah sujud tersebut, antara lain melegakan sistem pernafasan (rilieved congestion for breathing), mengembalikan kedudukan organ ke tempat asalnya.

Sementara bernafas ketika sujud, membetulkan buah pinggang keluar sedikit dari tempat
asalnya, dan membetulkan pundi peranakan yang jatuh (prolapsed uterus/ fallen band womb).

Selanjutnya, ketika sujud juga melegakan sakit hernia mengurangi sakit senggugut ketika haid, melegakan bagian paru-paru dari ketegangan (high parts of the lungs), juga mengurangi sakit pada penderita Appendiks @ Spleen (limpa).

Sedangkan kedudukkan sujud paling baik untuk beristirahat, dan mengimbangi bagian belakang tubuh, meringankan bagian Pelvis, memberi dorongan mudah tidur, mengerakkan otot bahu, dada, leher, perut, punggung ketika akan sujud, dan bangun darinya.

Gerakan otot-otot itu, menjadikannya (otot) lebih kuat dan elastik, secara otomatik memastikan peredaran darah lebih baik (smooth blood circulation).

Bagi perempuan, gerakan otot ini, menjadikan buah dadanya lebih baik, mudah berfungsi menyusui bayi, dan terhindar dari kanker payudara.

Selain itu, bersujud bisa mengurangi kegemukkan (obesitas).

Gerakan bagian otot memudahkan perempuan bersalin, organ peranakan mudah kembali ke tempat asal, serta terhindar dari sakit bergelombang perut (convulsions).

Otak manusia, organ terpenting manusia menerima banyak asupan darah dan oksigen, serta melancarkan peredaran darah ke otak ketika tiba-tiba menerima pompa darah secara kuat, dan bertekanan tinggi, terhindar dari penyakit seperti Apoplexia Rupture Of Blood Vessels Dan Arte Ioseclerosis Of Cerebrum.

Kesan psikologi, merasa rendah diri di hadapan Sang Pencipta, jauh dari sifat sombong, riya dan takabur lantaran bisa dikikiskan ketika sujud, insyaAllah.

“Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah engkau beri petunjuk kepada kami.” (Ali Imran : 250).

****** Pelbagai sumber.